(Foto : Dokumentasi Kominfotik Jakut)

JAKARTA – Ratusan Gerai Vaksinasi Merdeka yang diluncurkan Polda Metro Jaya mulai beroperasi pada 1 Agustus hingga 17 Agustus 2021 untuk mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 di wilayah DKI Jakarta. Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Guruh Arif Darmawan menerangkan, ada 118 Gerai Vaksinasi Merdeka yang mendekatkan layanan vaksinasi ke pemukiman warga di Jakarta Utara.

“Hari ini telah diluncurkan program Vaksinasi Merdeka secara serentak di wilayah DKI Jakarta. SDN Kelapa Gading Timur 01 menjadi salah satu lokasi Gerai Vaksinasi Merdeka di Jakarta Utara. Kami ucapkan terima kasih kepada Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara dan Dandim 0502 JU yang sudah membantu kegiatan ini,” jelas Kombes Pol Guruh Arif Darmawan usai menghadiri acara peluncuran program Vaksinasi Merdeka secara virtual di Halaman SDN Kelapa Gading Timur 01, Minggu (1/8).

Semua unsur termasuk pengusaha dan relawan dilibatkan dalam gerakan kolaboratif menuju tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok di masa pandemi COVID-19.

“Sasaran utama dari kegiatan ini adalah seluruh warga yang belum divaksinasi dosis pertama. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan kesempatan yang baik ini dimana telah dibuka 118 Gerai Vaksinasi Merdeka yang beroperasi di lingkungan RW terdekat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Dandim 0502/JU Kolonel Inf Roynald Sumendap, Camat Kelapa Gading, Darmawan, dan jajaran terkait lainnya.

“Target peserta vaksinasi di setiap gerainya sekitar 200 orang per hari. Semakin banyak warga yang divaksinasi maka akan cepat tercapainya herd immunity,” tambah Kapolres.

Sementara itu, keberadaan Gerai Vaksinasi Merdeka di SDN Kelapa Gading Timur 01 disambut antusias oleh warga RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur.

“Saya dapat info kegiatan vaksinasi hari ini dari Ketua RT 01. Lokasinya dekat dari rumah jadi langsung saya datang kesini. Supaya bebas dari COVID-19 dan bisa sehat terus makanya saya mau divaksinasi biar pandemi ini cepat kelar dan ekonomi lancar lagi. Soalnya selama pandemi ini mau jualan keliling masuk komplek tidak boleh jadi pendapatan berkurang,” ujar Tarjuki, warga RT 01 RW 06 Kelapa Gading Timur yang kesehariannya berjualan ketoprak.

Reporter : Bintarsih

Editor : Angie