Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini

JAKARTA – Fraksi PKS kembali menginstruksikan pemotongan gaji anggota legislatifnya mulai dari pusat hingga daerah. Pemotongan yang berlaku untuk bulan Agustus ini ditujukan untuk membantu rakyat terpapar dan terdampak Covid-19.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengatakan sejak pandemi sudah kesekian kalinya Fraksi PKS memotong gaji anggotanya. Kali ini akan digunakan untuk pengadaan bantuan sosial (bansos) dan disalurkan kepada rakyat terpapar Covid-19 antara lain dalam bentuk penyediaan paket sembako dan makanan bagi pasien isolasi mandiri (isoman).

“Fraksi PKS kembali memotong gaji anggotanya dari pusat hingga daerah sebagai bentuk solidaritas sosial, empati, dan gotong royong agar dapat membantu rakyat lebih luas lagi,” kata Jazuli, Sabtu (7/8/2021).

Jazuli menuturkan lonjakan kasus Covid-19 pada gelombang kedua pandemi ini, benar-benar memukul rakyat. Dikatakan, banyak korban jiwa berjatuhan, anak-anak menjadi yatim piatu, dan keluarga kehilangan kepala keluarga maupun anggotanya.

“Akhirnya kita tidak punya banyak pilihan kecuali mengetatkan kembali aktivitas yang tentunya berdampak secara sosial dan ekonomi,” ucap Jazuli.

Menurut Jazuli, banyak keluhan dari rakyat yang disampaikan maupun disaksikan langsung oleh anggota legislatif dari PKS, tentang sulitnya mengakses layanan kesehatan maupun bansos untuk menopang kehidupan. Ditegaskan, Fraksi PKS di DPR juga terus mendesak pemerintah agar menempatkan keselamatan rakyat sebagai prioritas utama.

“Sistem dan layanan kesehatan harus ditingkatkan, sementara bantuan sosial untuk rakyat harus merata berdasarkan basis data yang valid dan akurat agar bansos benar-benar sampai kepada rakyat yang membutuhkan,” ujar Jazuli.

Jazuli bersyukur banyak elemen masyarakat, relawan, dan organisasi sosial yang menunjukkan solidaritas sosial di tengah pandemi saat ini. Ada yang membantu ambulans, oksigen, alat pelindung diri (APD), menyediakan makanan untuk pasien isoman, termasuk mengadakan rumah sakit lapangan/darurat.

“Solidaritas sosial, empati, kepedulian dan gotong royong ini benar-benar kita butuhkan di masa pandemi ini. Inilah karakter dan jati diri bangsa Indonesia. Insyaallah PKS berkomitmen menjadi bagian yang akan terus menghidupkannya hingga wabah ini benar-benar dapat diatasi,” pungkasnya.