Foto: ilustrasi

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 20 wilayah di Indonesia pada hari Selasa (10/8/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir dan angin kencang. Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Sementara peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Banten, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Untuk suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat celsius dengan kelembaban udara 50-100%.

Dan untuk pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

Diketahui kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa.

Waspada tinggi gelombang dari 4-6 meter yang berpeluang terjadi di perairan Enggano hingga barat Lampung, Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, perairan selat Jawa, dan Samudra Hindia selatan Jawa.