Edi salah seorang warga yang menderita kanker mata

TANAH DATAR – Edi seorang pria warga Jorong Padang Panjang Bawang, Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat menderita kanker mata membutuhkan donasi atau bantuan biaya pengobatan. Pria berusia 47 tahun ini hidup sebatang kara tak punya keluarga.

Harman salah seorang tokoh masyarakat Nagari Pariangan mengatakan, Edi tidak bisa menjalani pengobatan gratis karena belum masuk program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Edi tidak bisa mendaftar ikut program JKN – KIS karena tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Edi selama ini tidak memiliki KTP dan KK karena Edi hidup di perantauan dan Jadi Edi sangat membutuhkan bantuan biaya pengobatan,” ujar Harman kepada Indonesia Parlemen, Senin (23/8/2021).

Hal senada dijelaskan Lili salah satu tetangga Edi. lili berujar, sudah hampir satu tahun menderita kanker mata, Namun Edi tidak mau berobat ke dokter karena tidak memiliki biaya.

“Edi hanya mengobati dengan pengobatan tradisional. Karena kondisi kanker di matanya terus membesar, masyarakat mencoba untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK),” ujar Lili.

Indonesia Parlemen mencoba menghubungi Abdurrahman Hadi selaku Camat Pariangan dan Wali Jorong, namun sayang nomor telepon seluler yang bersangkutan tidak aktif.

Eka Putra selaku Bupati Tanah Datar merespon kabar terkait kondisi Edi. Melalui ajudan pribadinya, dia meminta Edi untuk menjalani pengobatan ke RSUD Batusangkar.

Reporter: Debi Putra