Salah satu jembatan yang selesai direnovasi Alfamart

JAKARTA – Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) dan Yayasan Relawan Kampung Indonesia (YRKI) melakukan peremajaan 20 Jembatan Alfamart yang mulai dibangun pada tahun 2013.

Arif Kirdiat, Ketua YRKI mengatakan bahwa rata-rata usia jembatan mencapai 8 tahun dan sudah selayaknya dilakukan peremajaan.

“Jembatan Alfamart telah selesai di renovasi sampai 31 Agustus 2021 ada 10 lokasi yang terletak di Desa Ranca Pinang Kecamatan Cimanggu Kabupaten Pandeglang, Selapajang- Tangerang, Desa Lontar Kemiri Kabupaten Tangerang, Desa Ciruji – Kabupaten Lebak, Desa Mekarjaya -Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak, Kelurahan Bekasi Jaya Bekasi Timur, Desa Cikalong Kecamatan Jatiasih Karawang, Desa Buninsari Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Desa Citikur Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, Desa Pasirayu Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka. Sisa 10 jembatan akan dilanjutkan pada bulan September 2021, sehingga pada bulan Oktober 2021 pemugaran telah selesai dan dapat berfungsi dengan baik,” paparnya.

Arif menambahkan, agar bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama, pemeliharaan jembatan harus dilakukan secara periodik dan melibatkan masyarakat.

“Pemeliharaan jembatan bersama warga setempat merupakan salah satu cara untuk membangun rasa memiliki masyarakat, mereka akan menjaga dan merawat jembatan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Yayasan BMCI, Ifsaul Mudhor berharap pemeliharan jembatan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.

”Kami berharap pemeliharaan jembatan yang pernah dibangun melalui donasi konsumen Alfamart, perlu dijaga agar memiliki manfaat berkelanjutan dan masyarakat memperoleh akses yang mudah. Koneksi ini yang diharapkan akan membantu meningkatkan perekonomian, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Pemeliharaan jembatan ini merupakan penyaluran donasi konsumen yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di desa.

“Kami ucapkan terima kasih kepada konsumen Alfamart, walau terlihatnya kecil namun memberikan dampak yang besar bagi masyarakat,” pungkasnya.