Wisata Candi Prambanan, Jawa Tengah

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berencana menjadikan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu di seluruh dunia. Rencana itu masih dibahas oleh Kementerian Agama sebelum direalisasikan.

“Untuk pencanangan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu nusantara dan dunia,” kata Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Jakarta, Senin (30/8).

Dalam presentasinya, Yaqut menjelaskan bahwa rencana itu dimulai dari proses pembahasan naskah akademik. Naskah dirancang oleh tim kerja dari berbagai unsur lembaga keagamaan umat Hindu dan melibatkan unsur kementerian terkait.

Tak hanya itu, Yaqut menjelaskan saat ini proses sudah memasuki tahapan penyusunan Memorandum of Understanding (MoU) di tingkat kementerian terkait.

“Ini juga melibatkan lembaga yang mengelola Candi Prambanan. Dan dilanjutkan rancangan yang lebih lanjut,” ungkap dia.

Diketahui, Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi salah satu candi terindah di dunia.

Selain Prambanan, Kemenag juga berencana menjadikan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, sebagai pusat peribadatan umat Buddha seluruh dunia.

Rencana itu sudah disampaikan Yaqut saat memberi sambutan dalam acara Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 pada 27 Mei 2021 lalu. Target itu dibuat tak lepas dari jumlah umat buddha di kawasan ASEAN yang mencapai 40 persen.

“Saya optimis ini bisa dilakukan dengan bersatunya semua umat Buddha di Indonesia,” kata Yaqut.