Foto: Harun Masiku

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mencari buronan Harun Masiku. Harun disebut sempat terdeteksi di Tanah Air.

“Info yang saya punya, Agustus kemarin masih di Indonesia,” kata penyidik nonaktif KPK Ronald Sinyal melalui keterangan tertulis, Senin (6/9/2021).

Meski begitu Ronald tak menjelaskan lebih jauh lokasi Harun. Namun, dia meyakini informasi yang diterimanya amat akurat.

Diketahui, KPK menegaskan terus memburu Harun Masiku yang terserat kasus dugaan suap terhadap eks Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Lembaga Antikorupsi sudah memasukkan Harun dalam daftar red notice.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengaku mengendus keberadaan buronan Harun Masiku di luar negeri sejak lama. Harun Masiku dipastikan tidak berada di dalam negeri.

“Sebelum (Kepala Satuan Tugas nonaktif KPK) Harun Al-Rasyid teriak-teriak saya tahu tempatnya, saya tahu tempatnya, tapi tempatnya bukan di dalam (negeri),” kata Karyoto, Selasa (2/8/2021) lalu.

Diakui Karyoto sangat bernafsu menangkap Harun. Namun, informasi pencarian dibatasi karena dikhawatirkan Harun berpindah ketika lokasinya diketahui.

“Memang enggak patut kita sampaikan info-infonya bisa ke mana-mana. Kalau dia tahu kita sedang cari di mana dia geser bingung lagi kita,” pungkasnya.