Hore! Besok Bioskop di Jakarta Sudah Buka Lho

  • Bagikan
Foto: ilustrasi

JAKARTA – Gabungan Pengusaha Bisokop Seluruh Indonesia (GPBSI) menyebut operasional bioskop dibuka kembali pada Kamis, 16 September 2021. Bioskop di Jakarta akan beroperasi serentak.

“Uji coba itu bisa sekaligus buka juga, tapi setelah dijelaskan hari Kamis kami buka,” kata Ketua GPBSI Djonny Syafruddin di Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Djonny menilai pembukaan bioskop kali ini tidak perlu lagi ada istilah uji coba. Sebab, selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, bioskop sudah sempat beroperasi.

“Pemahaman redaksional itu, macam-macam pemahamannya. Itu yang kita tadi seharian orang-orang dari GPBSI sudah lakukan upaya pengertian itu kita satukan,” ucapnya.

Baca Juga :  Kapolri: PPKM Darurat Memang Tak Nyaman, Tapi Demi Keselamatan Rakyat

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Disparekraf) DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengatakan pembukaan bioskop menunggu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kementerian bakal merilis standar operasional prosedur (SOP) dan daftar bioskop yang diizinkan beroperasi.

“Hasil diskusi dengan asosiasi bioskop, untuk wilayah DKI Jakarta sudah seluruhnya terintegrasi dengan PeduliLindungi. Jadi, begitu surat edaran dari Kemenparekraf sudah keluar, untuk bioskop Jakarta sudah bisa beropersi,” ujar dia.

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM level 4, level 3, dan level 2 di wilayah Jawa dan Bali mengatur secara jelas persyaratan beroperasinya biskop. Baik pengunjung dan pengelola bioskop harus menaati aturan.

Baca Juga :  Kebijakan Makan 20 Menit Dinilai Tak Tepat, Ketua Kowantara: Butuh Waktu Sajikan Menu

“Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai,” dikutip dari salinan Imendagri Nomor 42 Tahun 2021 dikutip dari Medcom.id, Selasa (14/9/2021).

Pengelola bioskop harus membatasi kapasitas pengunjung 50 persen dan hanya pengunjung dengan status hijau berdasarkan aplikasi PeduliLindungi yang diizinkan masuk. Sedangkan anak usia di bawah 12 tahun belum diperkenankan masuk bioskop.

Selain itu, aktivitas jual beli makanan dan minuman di area bisokop dilarang. Pengunjung juga tidak diperkenankan makan dan minum di area bioskop.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *