Foto: ilustrasi Nakes

JAKARTA – Penanggulangan Covid-19 di Indonesia diklaim sebagai salah satu yang terbaik. Pasalnya, kasus Covid-19 di Tanah Air turun hingga 58 persen dalam dua pekan.

“Mengutip salah satu publikasi dari situs Ourworld.org data dari John Hopkins University, data yang terakhir di-update pada 12 September kemarin menyatakan penanganan Covid-19 di Indonesia diapresiasi sebagai salah satu yang terbaik di dunia,” kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Dia berujar, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah mulai memperlihatkan hasil yang cukup baik. Angka konfirmasi kasus positif harian di Indonesia turun drastis.

“Pada 13 September 2021 kita bahkan sempat mencatatkan angka temuan kasus harian terendah sejak Mei 2021, yaitu pada angka 2.577 orang,” ucapnya.

Nadia mengingatkan masyarakat tidak boleh terlena dengan keadaan ini. Warga diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan, disiplin protokol kesehatan (prokes), dan mengikuti vaksinasi.

“Tentunya kita tidak ingin lalai dan lengah sehingga kembali menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Kita juga terus melakukan upaya antisipasi agar tidak terjadi kecolongan masuknya varian baru covid-19 dengan memperketat pengawasan pada pintu masuk Indonesia,” jelas dia.

Salah satu antisipasi pemerintah, yakni kewajiban pelaku perjalanan luar negeri menjalankan tes PCR serta karantina delapan hari. Saat karantina, tes PCR kedua dilakukan pada hari ketujuh setelah kedatangan untuk memastikan pelaku perjalanan positif atau negatif Covid-19.

“Kementerian Kesehatan mengimbau untuk semua pihak yang terkait dengan pengawasan di pintu masuk negara ini dapat berkoordinasi dengan baik dan memperketat penjagaan dan pengawasan demi melindungi masyarakat kita semua agar tidak terpapar dari virus Covid-19 varian baru yang lebih cepat penularannya dan tentunya lebih sulit pengendaliannya,” kata Nadia.