Foto: Ilustrasi

JAKARTA – Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia beserta anak usahanya Citilink akan meningkatkan kapasitas penerbangan dengan menambah frekuensi layanan penerbangan domestik dari dan menuju Papua.

Adapun peningkatan kapasitas tersebut akan dilakukan selama periode 25 September hingga 16 Oktober 2021 melalui penambahan frekuensi layanan penerbangan dari dan menuju Papua khususnya pada destinasi penerbangan Jayapura, Timika dan Marauke.

Penambahan kapasitas penerbangan ini juga merupakan tindak lanjut dari kemitraan strategis bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang turut menetapkan Garuda Indonesia sebagai “Official Airline” dalam kegiatan pengembangan prestasi olahraga nasional yang dilakukan melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan maupun layanan penunjang beserta berbagai added value yang dihadirkan.

Melalui penambahan frekeuensi penerbangan tersebut, selama periode 25 September hingga 16 Oktober mendatang, Garuda Indonesia akan melayani sedikitnya 142 penerbangan dari dan menuju Papua yang nantinya akan dihubungkan dari dua hub penerbangan Garuda Indonesia yakni Jakarta dan Denpasar. Selain menambah frekuensi untuk tujuan Papua, Garuda Indonesia juga menambah penerbangan di sejumlah rute domestik guna meningkatkan aksesibilitas layanan penerbangan dari berbagai wilayah di Indonesia menuju Papua.

Sementara itu, anak usaha Garuda Indonesia, Citilink sejak tanggal 7 September hingga 25 Oktober 2021 mendatang juga turut menambah frekuensi penerbangan dari dan menuju Jayapura dengan total sedikitnya 156 penerbangan yang dilayani dari sejumlah hub penerbangan seperti Jakarta, Makassar dan Surabaya.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan bahwa penambahan frekuensi penerbangan ini juga sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk berperan aktif dalam mendukung pencapaian prestasi olah raga nasional dimana salah satunya adalah dengan menyediakan aksesibilitas layanan transportasi udara aman dan nyaman bagi para atlet yang akan berkompetisi.

“Selain itu penambahan kapasitas penerbangan ini juga merupakan upaya kami untuk memenuhi peningkatan permintaan atas layanan penerbangan langsung maupun transit bagi kontingen, atlet serta offical yang akan ikut serta pada perhelatan PON XX Papua 2021 tersebut,” tambah Irfan.

“Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk dapat mendukung kelancaran pelaksanaan ajang olah raga terbesar nasional. Kiranya dukungan Garuda Indonesia pada penyelenggaraan perhelatan olahraga nasional di tahun ini dapat memberikan kemudahan aksesibilitas bagi para atlet yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia melalui jaringan konektivitas yang dimiliki oleh Garuda Indonesia Group dengan basis layanan penerbangan yang mengedepankan penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasional.” papar Irfan.

Selain itu, sejalan dengan kerja sama yang telah berlangsung sebelumnya, Garuda Indonesia turut memberikan discount khusus hingga 15 persen dan tambahan bagasi pada perhelatan PON XX Papua 2021 bagi seluruh atlet, kontingen dan official yang akan terbang menuju Papua dan juga akan menyediakan dedicated counter check-in untuk mempermudah aksesibilitas proses pre-flight bagi seluruh atlet, kontingen dan official tersebut.

“Sejalan dengan dukungan Garuda Indonesia tersebut, tentunya kami senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa kami, termasuk bagi para atlet yang akan bertanding, dimana pada masa adaptasi kebiasaan baru saat ini, Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mengedepankan penerapan protokol kesehatan secara optimal dan konsisten pada seluruh lini operasional, baik pada saat pre, in, maupun post-flight,” tutup Irfan.

Selain melakukan penambahan frekuensi tersebut, pada periode 17 September – 17 Oktober 2021 ini, bekerja sama dengan produsen kuliner nasional, Garuda Indonesia juga menghadirkan pilihan snack “Roti Bluder Cokro” pada penerbangan dari dan menuju Jayapura dan Timika.