Webinar P3S yang bertajuk “Menakar Peluang Prabowo Pada Pilpres 2024”

JAKARTA – Dalam diskusi daring Political and Publik Policy Studies (P3S) yang bertajuk “Menakar Peluang Prabowo Pada Pilpres 2024” Pengamat Politik sekaligus Direktur dari P3S Jerry Massie menilai Prabowo adalah sosok petarung yang sudah punya pengalaman empat kali bertarung di pemilihan presiden (Pilpres).

“Ada 6 sisi penentuan seorang kandidat maju di pilpres mulai dari faktor Man, method, material, money, machine and manage (6 M),” kata Jerry, Jumat (24/9/2021).

Diketahui, Prabowo juga sempat berpasangan dengan Megawati Soekarno Putri, Hatta Radjasa, sampai Sandiaga Uno.

Pria yang juga aktif sebagai penggiat anti korupsi ini menyinggung soal usia Prabowo yang terbilang masih ideal untuk maju di Pilpres 2024. Dia membandingkannya dengan usia Biden dan Mahatir yang jauh diatas Prabowo dalam mengikuti Pilpres di negaranya masing-masing.

“Memang selama ini Prabowo tak tergusur diposisi atas. Dengan mengirim 78 aggota DPR punya pengaruh lantaran mereka lalu finish di bawah Golkar 85 ķursi diposisi pertama PDIP meraih 128 kursi,” terangnya.

Dia berpendapat, dengan strategi politik yang kuat maka bukan tidak mungkin Prabowo bisa menggungguli rivalnya seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.

“Basis suara Gerindra seperti Jabar, Sumbar, Aceh, NTB, Maluku Utara dan Banten perlu tetap di jaga dan sekarang bagaimana Prabowo berselancar di Medsos (Media Sosial),” jelasnya.

Jerry juga menakar peluang pendukung Prabowo dari kalangan milter, terlebih melihat riwayat presiden kedua Soeharto dan presiden keenam Soesilo Bambang Yudhonyono (SBY) yang juga berasal dari militer.

“Bicara empiris atau pengalaman maka Prabowo lebih unggul dari kandidat lain,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya nama Prabowo Subianto banyak digadang-gadangkan oleh sejumlah Lembaga Survei Nasional sebagai calon terkuat untuk maju di pilpres 2024 mendatang.

Editor: Angie