Luncurkan Aplikasi e-Bima, Mahkamah Agung Ingin Pertahankan Predikat WTP

  • Bagikan
Aplikasi e-Bima resmi diluncurkan

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) resmi meluncurkan aplikasi e-BIMA. Sebagai informasi, e-BIMA adalah sistem untuk melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara, dan uang titipan pihak ketiga, sehingga dapat memudahkan para Pimpinan satuan kerja untuk melakukan pengawasan dan monitoring secara akurat dan real time.

“Aplikasi ini dimaksudkan untuk  membantu mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel,” Kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Sobandi dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Indonesiaparlemen.com, Senin (11/10/2021).

Baca Juga :  Ke Bekasi, Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Kerjasama RI-Cina

Disebutkan Sobandi, ada tiga fungsi e-BIMA. Pertama, Mitigasi pelaporan keuangan yang bertujuan untuk mengurangi risiko-risiko dalam pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar pelaporan.

Kedua, Menjadi dasar bagi pimpinan satuan kerja dalam mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan perubahan Pagu Anggaran.

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI, Sobandi/Dok: IP

“Sementara yang ketiga yaitu sebagai dasa bagi pimpinan dalam menerapkan penilaian kinerja pengelolaan anggaran berbasis reward and punishment,” ujar Sobandi

Dia menambahkan, dengan bimbingan langsung dari Ketua MA, H.M Syariffudin, aplikasi e-BIMA merupakan hasil karya putra putri terbaik MA. Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sandaran untuk terus mampu mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Baca Juga :  OTT Dodi Reza Alex Noerdin, KPK Sita Sejumlah Uang

“Karena bagaimanapun juga kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan adalah tanggung jawab kita bersama, sehingga dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan akan mampu mendorong peningkatan kepercayaan publik kepada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya,” pungkas Sobandi.

Editor: Angie

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *