IDI Minta Semua Bersiap Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

  • Bagikan
Foto: ilustrasi

JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta setiap dokter dan tenaga kesehatan bersiap menghadapi gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi terjadi pada akhir 2021.

Anggota Tim Mitigasi IDI Wilayah Jambi Nirwan Satria mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan pelatihan pemberian pelayanan untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19 pada Desember mendatang.

Persiapan itu dilakukan selain sebagai langkah mitigasi di rumah sakit, juga sebagai salah satu langkah IDI menjaga sesama sejawat dokter dan tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Jawab Tantangan Panglima TNI, FKDM Pademangan Ajak Anak Vaksinasi

“Kami di tim mitigasi melakukan sosialisasi, pelatihan, bagi anggota kami yang terlibat langsung dalam pelayanan pasien Covid-19. Kami sangat trauma pada gelombang pertama dan kedua, sangat banyak senior, guru besar, dan mahasiswa kami berguguran sehingga berbagai upaya mitigasi kami lakukan,” kata Nirwan dalam webinar, dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (12/11/2021).

Dia menyampaikan IDI memegang prinsip melindungi segenap dokter dan tenaga kesehatan di masa pandemi agar tak berguguran seperti pada kondisi gelombang pertama dan kedua Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga :  Polsek Metro Tanah Abang Tindak Sejumlah Pelanggar PSBB

Menurut data PB IDI per Agustus lalu, tercatat 640 dokter gugur terpapar Covid-19 selama pandemi. Angka dokter berguguran itu naik menurut rilis data LaporCovid-19 per 15 September.

Data LaporCovid-19 per 15 September 2021 mencatat sebanyak 730 dokter meninggal dunia akibat Covid-19. LaporCovid-19 juga mencatat 667 perawat meninggal dunia selama masa pandemi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *