Turki Akan Bebaskan Visa Untuk WNI

  • Bagikan
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan

JAKARTA – Indonesia dan Turki adalah dua negara yang sudah menjalin hubungan erat dan hangat sejak lama. Kedua negara sama-sama memberikan kemudahan dalam berbagai hal, termasuk dalam hal visa.

Urusan visa ini menjadi salah satu yang dibicarakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara, Selasa (12/10/2021).

“Dalam pertemuan, Menteri Luar Negeri Turki menyampaikan kebijakan baru untuk pemberian bebas visa bagi Warga Negara Indonesia ke Turki,” kata Menlu Retno dalam keterangan pers virtual.

Baca Juga :  Gubernur New York Legalkan Konsumsi Ganja

“Kebijakan ini akan berlaku dalam waktu dekat. Jika sudah ada keputusan kapan akan mulai diberlakukan, kami akan sampaikan kepada publik,” sambungnya.

Masih seputar hubungan bilateral, Pemerintah Turki telah menganugerahkan nama jalan di depan kantor KBRI Ankara yang baru dengan nama Jalan Ahmet Soekarno.

Untuk mempererat hubungan kedua negara, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan berkunjung ke Indonesia tahun depan. Sebelumnya, Erdogan telah berencana mengunjungi Indonesia tahun ini, namun tidak terwujud karena satu dan lain hal.

Baca Juga :  Belum Mau Akui Kepemimpinan Taliban, Ini Alasan Pemerintah RI

“Kami juga membahas persiapan rencana kunjungan Presiden Erdogan ke Indonesia yang dijadwalkan pada 2022,” sebut Menlu Retno.

Sebelumnya pada Desember 2020, Erdogan dikabarkan hendak mengunjungi Indonesia untuk membalas lawatan Presiden Joko Widodo. Tahun 2020 dijadikan momen kunjungan karena bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan Indonesia-Turki.

Namun karena mempertimbangkan situasi pandemi yang belum mereda, terutama karena kemunculan varian Delta di bulan-bulan awal 2021, Erdogan tak jadi mengunjungi Indonesia tahun ini.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *