JAKARTA – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Taufan Bakri mengungkapkan saat ini Pemprov DKI Jakarta punya tim khusus deteksi dini untuk mendapatkan informasi di masyarakat terkait aktifitas-aktifitas sosial.

“Kita di 2437 DKI punya deteksi dini informasi yang ada dikampung-kampung. Efektif karena membantu pihak kepolisian dan TNI dan Polri,” kata Taufan saat menjadi pembicara dalam acara Obrolan Merah Putih di Kedai Kopi Merah Putih, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021).

Dia berujar, dengan adanya tim deteksi dini, Pemprov DKI mendapatkan informasi yang beredar dimasyarakat. “Kita punya komunitas intelejen daerah dan terus memantau. Kita juga punya CCTV banyak utk memantau gerak-gerik orang,” ujarnya.

Dalam acara diskusi tersebut, Taufan juga mengatakan, pihaknya memberikan bantuan keuangan untuk partai politik (parpol) khususnya diwilayah DKI Jakarta.

Dengan bantuan yang diberikan, Taufan berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa membantu parpol untuk mengembangkan potensi para kadernya.

“Bagi kami adalah bagaimana gerakan demokrasi bagaimana bisa berjalan sesuai mekanisme,” imbuh dia.

Taufan berujar, upaya tersebut bertujuan agar parpol bisa mandiri dan tidak terfokus masalah keuangan internal saja. “Dengan adanya bantuan parpol itu, mereka tidak ribut untuk buat spanduk. Dari uang partai bisa dimanfaatkan untuk itu. Dengan begitu membantu mereka tidak terperas didalam sistem parpol itu sendiri,” terangnya.

Editor: Angie