JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengerahkan ratusan relawan Palang Merah Indonesia atau PMI DKI Jakarta untuk menghadapi femomena La Nina yang diprediksi segera terjadi di sejumlah daerah di Indonesia termasuk Jakarta.

Bersama dengan ratusan relawan PMI tersebut, Anies Baswedan menggelar apel kesiagaan di Waduk Pluit, Jakarta Utara.

“Ada tiga hal yang harus disiapkan dari sekarang memasuki waktu risiko bencana alam, satu kesiagaan, dua tanggap, dan tiga galang,” ujar Anies dalam sambutannya di apel tersebut, Minggu (14/11/2021).

Orang nomor satu di DKI Jakarta ini menjelaskan, apel tersebut untuk menunjukkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi banjir. Anies mengklaim seluruh unsur mulai dari penyelamatan pada saat kejadian bancana, sampai penyelamatan kepada para pengungsi banjir telah siap.

“Fenomena La Nina ini nyata, karena itu pantau secara rutin dan ikuti petunjuk arahan dari aparat pemerintah maupun petugas kemanusiaan yang bekerja di lapangan bila terjadi bencana,” pesan Anies.

Dalam apel hari ini, hadir 680 relawan PMI dari seluruh wilayah DKI Jakarta. Turut hadir pula Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi dalam apel tersebut.

Dalam apel yang dipimpin Anies Baswedan itu sejumlah relawan mendemokan cara penanganan korban yang membutuhkan pertolongan saat banjir. Beberapa petugas juga menunjukkan kesiapan alat untuk mengevakuasi warga terdampak banjir, seperti perahu karet hingga mobil ambulans.