Pandemi Bikin Orang Terkaya di Dunia Makin Tajir

  • Bagikan
Foto: ilustrasi

JAKARTA – Orang-orang terkaya di dunia justru kekayaannya bertambah selama pandemi. Bahkan, kenaikan kekayaan orang terkaya di dunia tembus USD 1 triliun sepanjang tahun 2021.

Dikutip dari CNN Business, orang terkaya nomor satu di dunia misalnya Elon Musk yang memperoleh hampir USD 118 miliar hanya dalam 12 bulan terakhir.

Tak hanya itu, Pengusaha barang mewah Bernard Arnault juga kekayaannya naik USD 62,7 miliar dan founder Google Larry Page dan Sergey Brin yang masing-masing kekayaannya naik USD 47 miliar dan USD 45 miliar.

Namun, tahun 2021 tidak menjadi tahun baik bagi pendiri Facebook Mark Zuckerberg, tetapi kekayaannya tetap naik sekitar USD 25 miliar pada tahun kemarin.

Sepanjang 2021 dapat diingat sebagai tahun pekerja, berkat kenaikan upah dan upaya serikat pekerja baru didorong oleh pasar tenaga kerja yang ketat, keuntungan astronomi sebesar 0,001% dunia menggarisbawahi luasnya kesenjangan kekayaan antara pekerja dan eksekutif dan pemegang saham yang mereka layani.

Baca Juga :  Dunia Akui Perbaikan Pandemi Covid-19 di Indonesia

Tahun 2021 adalah waktu yang tepat untuk menjadi kaya. Berkali-kali, Wall Street mengabaikan kekhawatiran tentang inflasi, kemacetan rantai pasokan, dan varian Covid-19 baru untuk menjaga pasar ekuitas tetap ramai.

Di depan itu, orang kaya berutang tip besar kepada Federal Reserve, yang menggelontorkan puluhan miliar dolar ke pasar keuangan setiap bulan sambil mempertahankan suku bunga mendekati nol.

Upaya stimulus itu memicu keuntungan saham pada tahun 2020 dan 2021, tetapi stimulus Fed itu akan berhenti pada paruh pertama tahun ini.

Baca Juga :  Hari Ini Calon Panglima TNI Andika Perkasa Jalani Tes Uji Kelayakan

S&P 500 naik hampir 27% tahun lalu, sementara Dow naik sekitar 19% dan Nasdaq mengakhiri tahun dengan naik 21%.

Valuasi pada aset lain seperti cryptocurrency, komoditas, dan properti juga melonjak, semakin memperkuat pundi-pundi orang kaya.

Menurut Bloomberg, kekayaan bersih gabungan dari 500 orang dalam indeks miliardernya sekarang melebihi USD 8,4 triliun. Itu lebih dari produk domestik bruto negara mana pun di planet ini kecuali Amerika Serikat dan Cina.

Sejak pandemi dimulai, miliarder Amerika telah melihat kekayaan kolektif mereka melonjak lebih dari 70% menjadi lebih dari USD 5 triliun, menurut sebuah laporan oleh American for Tax Fairness dan Institute for Policy Studies Program on Inequality, yang menganalisis data Forbes.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *