Komika, Fico Fachriza. Dok: IST

JAKARTA – Fico Fachriza dipastikan merupakan artis berinisial FF yang ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba. Hal tersebut telah dibenarkan oleh Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander.

“Iya benar ya (Fico Fachriza),” kata AKBP Donny saat dikonfirmasi, Jumat (14/1/2022).

Fico Fachriza merupakan seorang komedian, sekaligus aktor berusia 27 tahun. Ia diketahui mengawali karirnya dengan mengikuti Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim ketiga, tepatnya pada 2013.

Dari ajang tersebut, Fico berhasil menembus babak lima besar dan menjadi runner up. Ia dikalahkan oleh Babe Cabita lantaran lebih unggul dua putaran.

Fico diketahui merupakan cucu dari Murad Aidit, yang merupakan adik dari D.N Aidit, ketua Partai Komunis Indonesia (PKI). Ia bahkan kerap menjadi incaran para wartawan jelang peringatan G30S PKI.

Pria bertubuh gempal ini diketahui memiliki seorang kakak bernama Rizki Ananta Putra. Kakaknya juga merupakan seorang pelawak, dan sempat bersaing dengan Fico di SUCI 3.

Setelah meraih kemenangan di SUCI 3, Fico langsung mendapatkan sejumlah tawaran bermain film. Diantaranya, Manusia Setengah Salmon, Comic 8, Ngenest, hingga Nikah Yuk! Sedikitnya, Fico telah bermain dalam 26 judul film hingga 2020 lalu.

Selain itu, Fivo juga sempat bermain dalam sejumlah serial website, seperti Cek Toko Sebelah The Series dan juga Mimpiku Jadi Nyata. Ia pun sempat tampil menjadi bintang tamu, hingga pengisi acara tetap di sejumlah acara televisi.

Fico dikenal dengan lawakannya yang terkesan bodoh. Bahkan kadang, tema lawakannya sering kurang nyambung.

Kendati demikian, Fico mampu mengocok perut pendengarnya dengan lawakan-lawakan tersebut. Bahkan saat dirinya hanya mengucapkan salam ‘Assalamualaikum’ di awal penampilannya dengan nada yang khas, penonton bisa langsung terpingkal-pingkal dibuatnya.