Jokowi Pilih Nama Nusantara Untuk IKN

  • Bagikan
Foto: ilustrasi

JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan nama Ibu Kota Negara (IKN) baru pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Suharso menerangkan, dari hasil perbincangan dengan presiden Jokowi, nama yang dipilih Jokowi adalah Nusantara.

“Beliau (Jokowi) mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” kata Suharso saat rapat kerja dengan Pansus IKN di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Suharso menjelaskan alasan Jokowi memberikan nama Nusantara untuk IKN baru. Menurut dia, nama tersebut menggambarkan Indonesia dari dulu sampai sekarang.

Baca Juga :  Luhut Puji Keberhasilan Anies Tangani Pandemi di DKI Jakarta

“Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” terang Suharso.

Lebih lanjut, Suharso mengatakan, nama Nusantara untuk IKN baru tersebut sebenarnya sudah dimasukkan dalam surpres RUU IKN yang dikirim pemerintah kepada DPR pada 29 September 2021 lalu. Namun, nama tersebut, kata dia, ditahan dan baru dikonfirmasi lagi pada Jumat (14/1/2022).

“Dan ini saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu,” pungkas Suharso.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.