JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal anggaran sirkuit Formula E di Ancol membengkak hingga mencapai Rp 60 miliar. Riza menyebut, anggaran pembuatan lintasan balap mobil listrik itu baik dari Rp 50 miliar menjadi Rp 60 miliar.

“Memang ada penambahan anggaran menjadi Rp 60 miliar karena sirkuit itu dibuat permanen,” kata Riza, Senin (7/3/2022).

Rencananya, sirkuit permanen itu juga dipakai untuk kegiatan otomotif lain, tidak hanya untuk Formula E saja. “Ini tanggung jawab Jakpro memastikan sirkuit dibuat sebaik mungkin untuk memenuhi standar yang ada,” ujar Riza.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo menganggarkan Rp 50 miliar untuk pembuatan sirkuit Formula E di Ancol. Hal itu terungkap dalam laman pengadaan barang dan jasa daring Jakpro, eproc.jakarta-propertindo, yang mencantumkan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp50,15 miliar.

Pembengkakan anggaran lintasan balap mobil listrik sepanjang 2,4 kilometer itu diakui Penanggung Jawab Proyek Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo.

Menurut Ari, anggaran itu digunakan seluruhnya untuk pembangunan trek Formula E. “Anggarannya di tahap saat ini kami masih di Rp60 miliar,” kata Ari, Minggu (6/3/2021).