Presiden Jokowi memulai prosesi Kendi Nusantara di Ibu Kota Negara Kalimantan Timur. Dok: ist

JAKARTA – Pelaksanaan prosesi Kendi Nusantara resmi digelar di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur hari ini, Senin (14/3/2022).

Ritual yang dihadiri seluruh kepala daerah se Indonesia tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Sebelumnya, gubernur diwajibkan membawa tanah dan air dari wilayahnya masing-masing untuk prosesi tersebut. Tanah dan air itu dimasukkan ke sebuah wadah berbentuk bejana besar berwarna cokelat.

Prosesi Kendi Nusantara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di IKN Nusantara.

Dalam proses ritual tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi gubernur pertama yang menyerahkan tanah dan air yang dibawa dari Jakarta kepada Jokowi di Titik Nol IKN.

Anies membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara untuk prosesi tersebut. Kampung Akuarium pernah digusur Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jokowi lantas menuangkan tanah dan air dari Anies itu ke dalam bejana. Setelah Anies, satu per satu gubernur menyerahkan tanah dan air yang mereka bawa dari daerahnya masing-masing kepada Jokowi.

Prosesi itu ditutup dengan penyerahan tanah dan air oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Khusus Kalimantan Timur, air dan tanah diambil dari dua wilayah yang masuk dalam Kesultanan Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kesultanan Paser.