Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat, di Desa Tritih Lor, Cilacap, Jateng, Kamis (23/09/2021)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi beserta Ibu Iriana, bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk melakukan kunjungan kerja, Minggu (13/3). Rencananya, Jokowi akan mengunjungi Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin, 14 Maret 2022.

Presiden dijadwalkan akan melakukan serangkaian agenda kerja dan bermalam di IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden bersama rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu, 13 Maret 2022.

Dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Presiden berencana langsung menuju hotel tempatnya bermalam untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Gubernur Kaltim Isran Noor sebelumnya menjelaskan Presiden Jokowi bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan akan bermalam di lokasi titik nol IKN Nusantaran. Adapun sarana dan prasarana sudah dipersiapkan, baik jaringan listrik, telekomunikasi maupun yang lainnya, termasuk tenda dan perlengkapan yang akan dipakai presiden menginap.

Alhamdulillah persiapan sudah dikerjakan, pada hari H nanti sudah 100 % dan kemah sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan,” kata Isran Noor, Jumat (12/3/2022).

Dikatakan Isran, pada acara tersebut juga di undang gubernur seluruh Indonesia dan setiap gubernur yang hadir diwajibkan memakai pakaian adat masing-masing provinsi.

“Namun, rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara,” ujar Isran.

Untuk bentuk simbolisasi keseriusan pemerintah memindahkan IKN ke Kalimantan Timur, Jokowi dijadwalkan untuk berkemah di titik nol kawasan IKN, Senin (14/3). Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, H.M. Syafranuddin menyampaikan lokasi kemah berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam kegiatan kemah tersebut, rencananya Jokowi akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia. Para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal, kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

Sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, antara lain fasilitas mandi, cuci, kakus, jaringan telekomunikasi, listrik, dan air. Pada saat hari berkemah, Presiden dan rombongan akan tidur di dalam tenda.