Bupati Bogor, Ade Yasin. Dok: ist

BOGOR –  Bupati Bogor, Ade Yasin angkat bicara terkait sulitnya peminjaman mobil ambulans di RSUD Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia berpendapat, fasilitas yang memadai harus diimbangi dengan pelayanan yang baik.

“Kemarin RSUD Leuwiliang, ada pasien yang sudah meninggal mau dibawa pulang tapi ambulans jenazah tidak ada,” kata Ade Yasin saat memberikan sambutan di acaea peresmian RSUD Cibinong, Selasa (22/3/2022).

Dia mengkritik peraturan baku pihak Rumah Sakit yang tak mementingkan urgensi.

“Kenapa sih kita gak fleksibel sedikit buat antar jenazah, selagi gak dipakai harusnya berikan saja,” ucap Ade Yasin.

Dia menambahkan, jika perlu kendaraan dinas Kabupaten Bogor dapat digunakan masyarakat dalam kondisi darurat.

Untuk itu dia meminta pelayanan harus tetap mempermudah jangan sampai dibenturkan dengan aturan-aturan ketika masyarakat dalam kondisi darurat.

Sebelumnya, ada pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Leuwiliang meninggal. Saat jenazah hendak dibawa ke kediamannya, terkendala dengan alasan mobil ambulans khusus jenazah tidak ada.

Humas RSUD Leuwiliang, Api Agus berdalih satu unit mobil ambulans sedang keluar mengantarkan jenazah dan satu mobil ambulans lainnya tak ada supir lantaran sedang libur.

“Kami punya dua unit mobil ambulans khusus jenazah namun satu mobil telah keluar mengantarkan jenazah dan satu lagi supirnya libur kerja,” ucap Api Agus.

Jurnalis: Elis/Dirham