Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA – Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendatangi Universitas Indonesia (UI) pada hari ini, sekitar pukul 11.00. Luhut datang untuk mengisi kuliah kepada mahasiswa di Balai Sidang UI.

Di luar gedung, mahasiswa dari BEM UI menggelar demonstrasi dengan membentangkan spanduk dan berorasi. Mereka menyindir Luhut dengan Big Data yang selalu dilontarkan tentang penundaan Pemilu 2024.

“Potong bebek angsa masak di kuali, mana big datanya kok malah kesini, kok punya nyali, gak tau diri, lalalalala,” teriak mahasiswa yang berada diluar gedung Balai Sidang UI.

Setelah memberikan kuliah sekitar 1,5 jam di Balai Sidang UI, Luhut pun menemui para mahasiswa BEM UI yang berada di luar gedung. Luhut menantang para mahasiswa untuk berdialog.

“Mau kalian apa? Biar saya jawab,” ucap Luhut.

Dengan cepat perwakilan mahasiswa mempertanyakan soal big data.

“Permasalah kita di big data, silakan buka big datanya apakah ada,” ujar mahasiswa.

“Dengerin kan saya punya hak juga untuk tidak mengshare sama kalian, kenapa harus ribut, kamu harus belajar demokrasi ke depan,” jawab Luhut.

Luhut jugameminta para mahasiswa tidak emosional saat berbicara dengannya.

“Saya punya anak juga mahasiswa jadi jangan emosional kalian,” kata Luhut.

Para mahasiswa pun semakin mencecar Luhut. Namun perbincangan itu sempat membuat Luhut marah karena mahasiswa menyebutnya bersikap otoriter.

“Dengerin kamu anak muda, kamu gak berhak juga nuntut saya. Karena saya juga punya hak untuk tidak memberitahu,” kata Luhut.

“Oteriter nih?” sambung mahasiswa

“Kalau otoriter saya nggak samperin kamu,” timpal Luhut.