Kendaraan arus mudik

JAKARTA Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta kepada kementerian, perusahaan nasional maupun swasta agar dapat memberikan hak cuti karyawannya H-8 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Kami tentunya mencoba untuk berkoordinasi dengan teman-teman semua, khususnya kementerian terkait dan juga swasta nasional. Harapan kita untuk bisa meliburkan atau mencutikan lebih cepat,” kata Listyo Sigit saat vaksinasi 1 juta di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (21/4/2022).

“Harapan kita untuk bisa meliburkan atau mencutikan lebih cepat. Sehingga Semuanya tidak menumpuk di H-3,” tambah dia.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kemacetan di jalanan akibat meningkatnya jumlah pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“Karena kalau itu cutinya di H-3, pasti akan terjadi kemacetan yang luar biasa. Oleh karena itu, harapan kita cuti bisa diatur dan diberikan mungkin mulai H-8. Jadi tentunya kalau yang mudik cuti kan juga pasti seneng H-7 sudah dilaksanakan,” katanya.

Kemudian, untuk arus baliknya ia meminta kepada perusahaan untuk mengatur jadwal masuk karyawannya sehingga bisa cuti lebih panjang.

“Dan arus baliknya nanti mungkin bisa diatur sementara sambil menunggu kerjanya bisa sambil online, kan begitu. Jadi cutinya tambah panjang,” katanya.

Ia juga merekomendasikan kepada para pemudik dari Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor, bisa melalui jalur selatan Pulau Jawa. Agar beban di jalan tol tidak begitu padat. Saat ini, jalur selatan selesai dibangun.

“Pilihan jalur ini juga kita harapkan untuk bisa menjadi pilihan. Karena rata-rata memilih jalan tol. Sehingga tentu kemudian di jalan tol bebannya menjadi berat. Ada alternatif jalur selatan yang tentunya saat ini baru selesai dibangun, itu bisa dijadikan pilihan,” katanya.