Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Dok: Kemendag

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) diminta konsisten dalam mengusut kasus pemberian izin fasilitas ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO). Pengusutan jangan berhenti di penetapan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardhana, sebagai tersangka. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga harus diperiksa.

Ketua Harian DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK), Jerry Massie mengatakan, adanya praktek mafia migor mustahil tidak diketahui Mendag M Luthfi. Karena Mendag pasti mengetahui kebijakan ekspor dan impor migor. Oleh karena itu bos-bos migor serta penyedia perlu dipanggil untuk diperiksa agar Kelangkaan migor tidak menyusahkan rakyat seperti pedagang kecil dan UMKM.

Jerry menegaskan, Mendag M Luthfi juga perlu diperiksa Kejagung atas beberapa kebijakan baik impor dan permainan harga HET di pasaran. Pada waktu lalu HET Rp14 ribu tapi berjalannya waktu puluhan kali harga berubah-ubah sampai harganya selangit.

“Oleh karena itu menteri sampai pejabat di Kemendag harus dicek harta kekayaannya. Jika ada kenaikan hartanya yang tak wajar maka harus diusut,” ucap Jerry.