Foto: ilustrasi

BEKASI – Persiapan pengamanan H-6 menjelang Hari Raya idul fitri 1443 hijriah terus dilakukan Kepolisian Sektor Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kapolsek Setu, AKP Sugeng Haryanto mengatakan kini pihaknya tengah melakukan persiapan pengamanan rumah kosong yang ditinggalkan pemudik maupun antisipasi tindakan kriminal lainnya.

Dia memerintahkan kepada para Bhabinkamtibmas untuk berkoodinasi ke semua tingkat RT maupun RW terkait pengamanan hari raya Idul Fitri.

“Terutama ke perumahan-perumahan, karena perumahan identik penduduk pendatang pasti mudik,” kata Sugeng kepada Indonesiaparlemen.com di Bekasi, Rabu (27/4/2022).

Dia menghimbau, kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran atau pulang ke daerah masing- masing agar menitipkan kepada pengurus wilayah.

“Jadi nanti kan, dapat di monitor rumah-rumah yang di tinggal mudik oleh orangnya,” ujar Sugeng.

Dia juga meminta sebelum melakukan perjalanan mudik untuk mengecek kembali isi rumahnya sepeti instalasi listrik, kompor gas, dan lainnya agar dapat di pastikan aman.

Sugeng menyebutkan, salah satu teknik pengamanan di lapangan dengan sistem one way atau satu pintu akses masuk perumahan.Dimana hal itu di lakukan guna mempermudah pemantauan aktifitas di lingkungan.

Selain itu, pihak kepolisian sudah sosialisasikan ke semua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) agar tidak melakukan takbir keliling.

“Tapi takbir keliling sudah bagian dari tradisi meskipun ada yang penting sudah di sampaikan agar jangan sampai menggagu Kamtibmas,” tutupnya.

Jurnalis: Dirham