Menkes: Anak-Anak Tertular Hepatitis Akut Lewat Asupan Makanan

  • Bagikan
Menkes Budi G. Sadikin dan Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi mengenai Penanganan Pandemi COVID-19, Senin (03/05/2021)

JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan virus yang menyebabkan penyakit hepatitis akut menular lewat asupan makanan atau melalui mulut.

Untuk itu, dia meminta masyarakat untuk rajin cuci tangan dan memastikan kebersihan dari makanan yang masuk ke mulut.

Sebagai informasi, hepatitis akut diketahui menyerang anak-anak usia di bawah 16 tahun.

“Apa yang perlu dilakukan masyarakat yang pertama adalah virus ini menular melalui asupan makanan yang lewat mulut. Jadi, kalau bisa rajin cuci tangan, jadi kita pastikan apa yang masuk ke anak-anak kita untuk bersih, karena ini menyerang di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah lima tahun,” kata Budi secara virtual, Senin (9/5/2022).

Baca Juga :  Pesawat Trigana Air Jurusan Makassar Tergelincir Di Bandara Halim Perdana Kusuma

Dia melanjutkan, ciri-ciri penyakit hepatitis akut ditandai dari demam dan tingginya indikator serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) dan serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT).

“SGPT dan SGOT itu normalnya di level 30-an. Kalau udah naik agak tinggi lebih baik refer ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) terdekat,” kata dia.

Dia mengaku saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat serta Inggris mengenai penyakit hepatitis akut yang belakangan marak terjadi.

Baca Juga :  Tentukan Pilihanmu! Sekolah Kedinasan atau CPNS/PPPK?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.