Foto: ilustrasi

JAKARTA – Jemaah umrah Indonesia yang sedang dan akan berangkat ke Makkah harus mewaspadai gelombang panas yang terjadi di Tanah Suci. Suhu udara bisa mencapai 49 derajat Celsius. Hal ini juga terjadi di kota suci Madinah yang juga diziarahi jemaah umrah.

Diungkapkan Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi mengumumkan bahwa suhu hingga 49 derajat Celsius dan angin berdebu aktif akan melanda sebagian besar wilayah Arab Saudi mulai Jumat hingga Senin, 13-16 Mei 2022. Demikian dikutip dari Saudi Gazette pada Sabtu (14/5/2022).

Dikatakan NCM bahwa wilayah Makkah dan Madinah diperkirakan akan mengalami gelombang panas, dengan suhu maksimum mencapai 46-49 derajat Celsius, termasuk kota suci Makkah dan Madinah.

Efek gelombang panas akan meluas ke bagian pantai Yanbu, Rabigh, Jeddah dan pantai Umluj selatan wilayah Tabuk. Gelombang panas akan disertai dengan angin berdebu aktif yang dapat menyebabkan jarak pandang (visibilitas) horizontal nol.

Dengan adanya gelombang panas ini, jemaah umrah perlu mempersiapkan peralatan tambahan seperti payung, memakai tabir surya, memilih tempat yang teduh dengan pendingin udara, mandi dengan air hangat, dan banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.