Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

JAKARTA –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sampaikan pesan kepada pemimpin DKI Jakarta pengganti dirinya agar fokus pada pembangunan terutama di Kepulauan Seribu.

“Kami berharap siapa pun yang nanti mengelola Jakarta, akan menempatkan Kepulauan Seribu sebagai bagian penting untuk diperhatikan dan ditumbuhkan,” kata Anies, kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Anies berpendapat, pembangunan pengawasan kontinental dan pembangunan kawasan kepulauan sangat penting. Anies mencontohkan capaian pembangunan di Kepulauan Seribu.

Anies berujar, saat ini di Kepulauan Seribu sudah ada pasar grosir sehingga memudahkan warga untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

“Selama ini Kepulauan Seribu biaya hidupnya tinggi karena kebutuhan pokok yang mahal. Ada dibangun semacam pasar grosir, sehingga pedagang di sini tidak perlu kulakan ke Kramat Jati karena Pasar Jaya menyiapkan pasar grosir. harganya juga sama dengan di Jakarta,” ucap Anies.

Kemudian, di Kepulauan Seribu juga telah dialiri listrik yang memadai dan pasokan air bersih atau sea water refresh osmosis (SWRO). SWRO adalah air laut yang diolah menjadi air bersih sehingga bisa digunakan.

Pencapaian pembangunan di Kepulauan Seribu lainnya yakni telah tersedianya pembuangan air kotor dan air limbah yang dibangunkan sistemnya.

Anies juga berpesan untuk pemimpin DKI selanjutnya untuk turut memerhatikan aspek kesehatan dan pendidikan, seperti yang telah dilakukannya selama beberapa tahun dirinya menjabat.