Joe Biden, Presiden Amerika Serikat. Dok: ist

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku muak dan mengajak semua pihak bertindak untuk mengatasi penembakan massal.

Dikutip dari Reuters, Rabu (25/5/2022), pernyataan Biden disampaikan setelah pembunuhan sedikitnya 19 anak dan dua guru dalam penembakan di sekolah Texas.

“Saya muak dan lelah. Kita harus bertindak. Dan jangan bilang kita tidak bisa berdampak pada pembantaian ini,” ucap Biden.

Pihak berwenang mengatakan seorang pria bersenjata berusia 18 tahun melepaskan tembakan ke satu sekolah dasar di Texas selatan, sekitar 130 km sebelah barat San Antonio. Pasca penembakan brutal itu, dia ditembak mati oleh petugas polisi.

“Sebagai satu bangsa, kita harus bertanya kapan atas nama Tuhan kita akan berdiri di lobi senjata, kapan atas nama Tuhan kita melakukan apa yang kita semua tahu dalam hati kita perlu dilakukan,” kata Biden dalam pidato yang disiarkan televisi, suaranya meninggi.

Penembakan massal di Amerika sering diikuti oleh protes publik dan seruan untuk tindakan oleh politisi Demokrat. Namun kebijakan keamanan senjata federal seperti pemeriksaan latar belakang yang umum di negara lain telah gagal dalam menghadapi oposisi Republik yang kuat.

Biden menuntut tindakan pada Selasa (24/5/2022) malam tanpa menjelaskan tindakan yang ingin dia ambil, atau menyerukan pemungutan suara khusus di Kongres atau kebijakan.

“Saya berharap ketika saya menjadi presiden saya tidak perlu melakukan ini lagi,” kata Biden yang tampak terguncang, mengutuk kematian siswa kelas dua, tiga dan empat yang “cantik, tidak bersalah” dalam “pembantaian lain”.

Biden meminta orang Amerika untuk melawan perasaan tidak berdaya karena melihat lagi penembakan massal.

Amerika Serikat mengalami 61 insiden “penembak aktif” tahun lalu, naik tajam dari tahun sebelumnya dan jumlah tertinggi dalam lebih dari 20 tahun, FBI melaporkan minggu ini.

Penembakan itu berdampak untuk Biden, yang sudah menghadapi peringkat persetujuan terendah dari kepresidenannya, krisis lain di atas tingkat inflasi yang tinggi selama 40 tahun dan perang di Ukraina.

Penembakan massal di toko grosir Buffalo, New York, 10 hari lalu meningkatkan tekanan pada pemerintahan Biden untuk memenuhi sumpahnya untuk menindak kekerasan senjata, dan pembunuhan anak-anak sekolah dasar kemungkinan akan meningkatkan tekanan itu.