Gedung KPK, Jakarta/Indonesiaparlemen, angie

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik sembilan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) KPK di Aulia Gedung Merah Putih, Kamis (2/6/2022).

Mereka yang dilantik hari ini di antaranya menempati jabatan Direktur Penyidikan, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi, hingga Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK.

“KPK menggelar upacara pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan kepada 9 pejabat pimpinan tinggi (JPT) pratama dan kepala cabang rumah tahanan (Rutan) di Aula Gedung Merah Putih KPK,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ipi Maryati Kuding, Kamis (2/6/2022).

Adapun mereka yang dilantik yakni Direktur Penyidikan Asep Guntur Rahayu dari Polri, Direktur Bidang Kordinasi dan Supervisi Wilayah IV, Elly Kusumastuti dari Kejaksaan, Kepala Sekretariat Dewan Pengawas Haerudin dari KPK, Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik Herda Helmijaya dari KPK.

Kemudian, Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) Kartika Handaruningrum dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Amir Arief dari KPK, Kepala Pusat Perencanaan Strategis Pemberantasan Korupsi (PPSPK) Muhamad Suryanto dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Lalu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Zuraida Retno Pamungkas dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kepala Biro Hubungan Masyarakat Yuyuk Andriati Iskak dari KPK, dan Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) KPK Achmad Fauzi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Pelantikan dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal KPK Cahya H. Harefa selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK),” kata Ipi.

Dijelaskan Ipi, pelantikan disaksikan anggota Dewan Pengawas KPK Indriyanto Seno Adji, Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah I Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) diwakili oleh Supranawa Yusuf selaku Ketua Panitia Seleksi JPT Pratama dan Madya KPK, serta Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Herman.

Dijelaskan Sekjen KPK Cahya Harefa dalam sambutannya berpesan kepada para pejabat yang dilantik, untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab dan dalam melaksanakan tugas sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya meminta agar para pejabat yang dilantik hari ini terus melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi, guna meningkatkan kinerja dan pelayanan secara maksimal,” kata Cahya.