Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Dok: ist

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ungkap alasan perusahaan pelat merah tidak menjadi sponsor dalam ajang balap mobil listrik Formula E yang akan digelar pada Sabtu (4/5/2022).

“Kita partisipasi di banyak tempat, ada G20, ada juga beberapa event yang sudah ditugaskan,” kata Erick Thohir saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (2/5/2022).

Dikutip dari laman resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E pada https://www.fiaformulae.com tercantum beberapa jenis sponsor, di antaranya sponsor utama, global, teknis hingga partner biasa. Sebagai tuan rumah, banyak pula sponsor dari Indonesia yang terlibat langsung dalam balapan mobil listrik di bawah bendera FIA tersebut.

Meski Formula E tak mendapat dukungan sponsor dari perusahaan BUMN, ajang balapan mobil listrik itu dipastikan tepat berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim siap bertarung dalam seri ke-8 balap mobil listrik Formula E di Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya mengatakan bahwa ajang balap mobil listrik Formula E Ancol menjadi komitmen Pemerintah DKI Jakarta untuk mewujudkan komitmen langit biru di ibu kota.