Rocky Gerung: Calon Gubernur Sulut Harus Paham Perdagangan dan Pertahanan

  • Bagikan
Pengamat politik, Rocky Gerung

JAKARTA – Konstelasi politik di Sulawesi Utara (Sulut) jelang pilkada 2024 mulai menggeliat. Pengamat politik Rocky Gerung menyebut Sulut adalah daerah pertama terdampak langsung masalah perdagangan ataupun pertahanan situasi Indo Pasifik. Dikarenakan posisi Geografis Suluy yang berada di ujung timur Indonesia.

Untuk itu kata Rocky, perlunya calon Guburnur yang memiliki kemampuan aktualitas, kualitas yang memiliki menguasai situasi Internasional bahkan memahami situasi dan kondisi di Indo Pasifik.

Baca Juga :  Pertemuan AHY-Anies, Pengamat: Sinyal Kuat Nyapres 2024

“Tentunya calon tersebut memiliki pengetahuan terkait masalah perdagangan dan pertahanan. Untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki kemampuan tersebut harus ada kerjasama penyelenggara Pemilu Universitas dan LSM,” kata Rocky dalam Webinar daring yang digelar Political and Public Policy Studies (P3S) yang bertajuk “Menakar Cagub Potensial di Pilkada Sulut 2014″, Kamis (9/6/2022).

Rocky menyebut, ada parameter yang dinilai dari calon antara lain, masalah lingkungan, gender serta masalah lainnya. Atau calon tersebut memperkenalkan diri untuk minta diuji kemampuannya di Universitas dan acara yang dibuat LSM.

Baca Juga :  Menaker Ida Terbitkan Aturan Libur Pilkada bagi Pekerja Buruh

Dia menyoroti, pemilihan Rektor di Universitas Sam Ratulangi yang diduga ada money politik.

“Sehingga merusak alam demokrasi yang justru diharapkan universitas menjadi motor penggerak utama demokrasi di Sulut yang menyebabkan tertundanya atau dibatalkan hasil pemilihan Rektor Unsrat,” pungkas Rocky.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.