Koalisi Semut Merah Diragukan bisa Ikut Pilpres 2024

  • Bagikan
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar

JAKARTA – Pengamat Politik Jerry Massie menilai Koalisi Semut Merah yang digagas PKS dan PKB akan membuat Pilpres 2024 menjadi seru. Kendati begitu, dirinya meragukan Koalisi Semut Merah bisa ikut Pilpres 2024.

Menurut Jerry, dua parpol tersebut belum memiliki kekuatan yang cukup untuk mendobrak dinding Pilpres.

“Sebab, saya pikir Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra tidak akan bergabung,” kata Jerry kepada Indonesiaparlemen.com, Selasa (14/6/2022).

Dia berujar, KSM akan kesulitan menembus presidential threshold (PT) 20 persen dan memilih meloloskan capres atau cawapres.

Baca Juga :  PKB Sebut Ada Andil Muhaimin di Terbitnya Perpres Dana Abadi

“Dua partai ini akan mencari partner dalam waktu dekat,” ucapnya.

Jerry mengaku sebelumnya pernah menduga PKS, PKB, PAN, dan PPP bisa membentuk poros umat. Akan tetapi, menurut Jerry, hal tersebut telah digagalkan lantaran Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas Partai Golkar, PAN, dan PPP terlahir.

“Saya yakin PKS dan PKB ini hanya cek ombak. Untuk mengetahui apakah mereka laris di pasar pemilu,” kata dia.

Akan tetapi, kata Jerry, kedua parpol tersebut akan kesulitan untuk mendapatkan koalisi lantaran memiliki platform yang berbeda.

Baca Juga :  Legislator PKS Salurkan 70 Ton Benih Padi ke Petani Sumbawa

“Walaupun keduanya partai Islam, tetapi politik bisa saja bersatu hanya untuk kepentingan politik,” ujar Jerry.

Dengan adanya Koalisi Semut Merah, Jerry menduga akan ada 3 poros sebelum Pemilu 2024. Di antaranya ialah KIB, PDIP-Gerindra, dan Semut Merah.

“Ini menarik. Cak Imin berambisi dan getol ingin nyapres. Akan ada tarik ulur soal siapa capresnya. PKS punya jagoan sendiri,” pungkas dia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.