Ditembak Saat Pidato, Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tewas

  • Bagikan
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Dok: ist

JAKARTA – Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak orang tak dikenal. Media-media lokal menyebutkan dia ditembak tiga kali dari belakang.

Abe ditembak di tengah pidato untuk mendukung calon dari Partai Liberal Demokrat untuk pemilihan Dewan Penasihat. Laporan media mengatakan bahwa Abe berdarah saat dia pingsan dan suara “mirip dengan suara tembakan terdengar”.

“Abe ditembak tiga kali dari belakang dengan senapan,” kata media setempat mengutip polisi, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga :  Penyidik KPK Terbukti Terima Suap, Firli Bahuri Minta Maaf

Media lokal mengatakan Abe dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan tidak sadarkan diri dan detak jantungnya telah berhenti.

Diketahui selama ini Jepang adalah negara dengan beberapa undang-undang senjata paling ketat di antara ekonomi terkemuka dan penembakan jarang terjadi.

Abe yang saat berusia 67 tahun, adalah perdana menteri terlama di Jepang, dengan dua masa jabatan dari 2006 hingga 2007 dan 2012 hingga 2020.

Baca Juga :  KPK Gagal Jemput Paksa Bupati Mambaremo Tengah, Kok Bisa?

Rekor rekor Abe sebagai perdana menteri sebelum dia mengundurkan diri pada tahun 2020 membawa stabilitas ke Jepang setelah pintu putar enam pemerintahan, termasuk tugas sebelumnya olehnya.

Dia membantu Jepang keluar dari siklus deflasi, menghadapi pemerintahan Trump yang mempertanyakan satu-satunya aliansi militer negara itu, dan bekerja untuk meningkatkan hubungan dengan mitra dagang terbesarnya Tiongkok, yang paling bermusuhan dalam beberapa dekade ketika dia menjabat.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.