Ketua Umum PSI Giring Ganesha memimpin langsung pendaftaran ke KPU, Rabu (10/8/2022). Dok: KPU

JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu, 10 Agustus 2022. Ketua Umum PSI Giring Ganesha memimpin langsung pendaftaran.

Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni buka suara soal jadwal pendaftaran partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berbarengan dengan partai-partai dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)yakni Golkar, PPP dan PAN.

“Tadi di bawah saya ditanya ini kok daftarnya bareng dengan KIB ditanya wartawan… tanda-tanda alam ini, kok bareng dengan KIB,” kata Raja Juli saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Meski begitu, dia menegaskan bahwa PSI hingga saat ini belum menentukan bakal berkoalisi dengan partai apa. Dia kemudian kembali menyinggung tanda-tanda alam dari jadwal pendaftaran yang bersamaaan dengan KIB.

“Jadi nanti kita putuskan tapi sepertinya ada tanda-tanda alam ini,” ucap dia.

PSI, sebut dia, selalu menjalin komunikasi dengan partai lain. Tak hanya itu, dia juga menyinggung calin presiden (capres) yang bakal diusung partainya.

Dia menyatakan bahwa siapapun capres yang dipilih Presiden Joko Widodo akan menjadi capres pilihan PSI.

Sebanyak tiga partai politik (parpol) yang tergabung di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2020 ke KPU pada Rabu (10/8/2022).

Jurnalis: Agung Nugroho