Prabowo dan Cak imin usai mendaftarkan parta PKB dan Gerindra di KPU. Dok: IP

BOGOR – Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya resmi dideklarasikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra  pada penutupan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Dimulai dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto menandatangani piagam kerja sama politik.

Setelah penandatanganan piagam tersebut, Prabowo langsung merangkul Cak Imin hingga keduanya menunjukkan piagam itu kepada peserta Rapimnas.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Waketum Jazilul Fawaid membacakan deklarasi kerja sama. Keduanya pun bergantian membaca deklarasi.

Deklarasi itu menyebutkan bahwa partai politik Indonesia memiliki kewajiban untuk menjaga kebinekaan dan persatuan.

“Maka dari itu kami bertemu, saling bertukar pikiran, dan membangun kerja sama. Kerja sama Partai Kebangkitan Bangsa dan Gerindra dengan sendirinya akan melipatgandakan kekuatan,” kata Jazilul.

Tertulis dalam deklarasi itu tentang lima poin kerja sama yang akan dilakukan kedua partai. Termasuk salah satunya menentukan pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) untuk 2024 mendatang.

“Capres dan cawapres oleh kerjasama PKB dan Gerindra akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar,” ujar Dasco.

“Kesepakatan kerjasama ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan capres-cawapres yang disepakati,” ucap Jazilul.

Sebelumnya, wacana koalisi dua partai ini di Pilpres 2024 muncul dalam beberapa hari terakhir. Isu ini diperkuat dengan kekompakan keduanya saat bersama-sama mendaftarkan partainya ke KPU beberapa waktu lalu.