Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan (Prabu PL) memperingati hari sumpah pemuda dengan melakukan aksi tanam pohon di Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Dok: IP/Dirham

CIANJUR – Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan (Prabu PL) memperingati hari sumpah pemuda dengan melakukan aksi tanam pohon di Situs Gunung Padang, Desa.Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dari pantauan Indonesiaparlemen.com, sebelum menanam bibit pohon komunitas pemuda Burangkeng berikrar membacakan teks sumpah pemuda di lokasi situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat itu.

“Kegiatan ini bertepatan dengan HUT Prabu PL Ke-3,” kata Carsa selaku ketua Prabu PL, Jumat (28/10/2022).

Nanang petugas balai cagar budaya nasional menyambut dengan suka cita kehadiran Prabu PL ke Situs Gunung Padang.

“Alhamdulilah, komunitas Prabu sudah sampai di puncak Gunung Padang,” ucap dia.

Dia mengatakan, setiap pengunjung yang ingin melakukan kegiatan di lokasi situs gunung Padang harus berkoordinasi terlebih dahulu kepada juru kunci yang sedang bertugas.

Pria asal Cianjur itu menjelaskan, jika situs gunung Padang merupakan peninggalan prasejarah sebelum ada peradaban tentang agama apapun pada zaman dahulu.

“Dulu saya dapat pesan dari abah (Kakek), kalau menjelaskan sejarah gunung Padang awas hati-hati, jangan di lebih-lebihkan atau dikurang-kurangi. Apa ada nya saja,” ujar Nanang dalam bahasa Sunda.

Sebagai informasi, Situs Gunung Padang merupakan Situs cagar budaya peringkat nasional yang terletak di daerah Cianjur, Jawa Barat. Situs ini berbentuk punden berundak yang merupakan tinggalan masa prasejarah yaitu zaman batu besar atau megalit.

Jurnalis: Dirham