Kebakaran terjadi di ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri pada Kamis (24/11) malam diduga akibat gangguan dua baterai UPS (uninterruptible power supply), Jumat (25/11/2022) dini hari, Dok: ist

JAKARTA – Kebakaran terjadi di ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri pada Kamis (24/11) malam diduga akibat gangguan dua baterai UPS (uninterruptible power supply).

Hal itu dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Gangguan tersebut, kata dia, kemudian menimbulkan kepulan asap.

“Infonya, ada dua baterai UPS yang mengalami gangguan yang mengakibatkan kepulan asap, saat dipadamkan dengan menggunakan APAR biasa,” kata Ramadhan kepada wartawan, Jumat (25/11/2022).

Ramadhan mengatakan mulanya baterai UPS itu akan dipindahkan ke luar kantor oleh teknisi. Namun, mengalami hubungan pendek arus listrik.

“Mengalami semacam hubungan pendek yang mengakibatkan percikan api,” jelas dia/.

Adapun UPS berfungsi memasok daya ke peralatan elektronik ketika aliran listrik dari PLN terputus sehingga peralatan itu dapat terus berfungsi.

Diberitakan, kebakaran di ruang Baintelkam Mabes Polri terjadi pada Kamis malam. Ada 15 unit pemadam kebakaran yang sempat diterjunkan ke lokasi.

Api berhasil dipadamkan sekitar tiga menit dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Jurnalis: Agung Nugroho