Presiden Joko Widodo bersama Gubernur JAwa Barat Ganjar Pranowo. Dok: ist

JAKARTA – Dihadapan ribuan relawan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyarankan masyarakat harus ekstra hati-hati saat memilih pemimpin saat Pilpres 2024.

Jokowi menyebut agar sosok yang dipilih adalah yang memikirkan rakyatnya yang mana hal itu kelihatan dari penampilan.

“Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah hati hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat,” katanya.

Menurutnya pemimpin yang baik adalah sosok yang mengerti dan benar-benar keinginan rakyat.

Dia menambahkan pula jangan pilih pemimpin yang tak mau turun ke bawah.

Saat ini untuk pilpres 2024, survei mengatakan tiga calon presiden yang elektablitasnya tinggi di antaranya adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan adalah Gubernur Jawa Tengah dan mantan Gubernur DKI Jakarta, sementara Prabowo saat ini menjadi Menteri Pertahanan.

Ketika sosok tersebut sama-sama memperhatikan penampilan, Prabowo Subianto yang merupakan purnawirawan TNI kerap muncul dengan gaya khasnya menggunakan peci dan pidato dengan suara lantang.

Sedangkan yang kedua, Anies Baswedan adalah seorang akademisi yang juga menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia dinilai mempunyai khas saat beretorika.

Sedangkan Ganjar Pranowo adalah politisi yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ganjar Pranowo selalu muncul dengan rambutnya yang hampir semuanya beruban putih.

Jurnalis: Agung Nugroho