Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camila. Dok: ist

JAKARTA – Raja Inggris Charles III ternyata merupakan sosok yang dekat dengan dunia Arab dan Muslim .

Afinitas Charles dengan dunia Arab, dan Timur Tengah, telah menciptakan ikatan dengan wilayah tersebut. Begitu pula dengan rasa ingin tahunya terhadap Islam, sebuah fakta yang membuatnya mempelajari banyak ajarannya.

Seni Islam menghiasi banyak istana kerajaan Inggris. Charles telah menjadi peserta yang antusias dalam dialog antaragama antara para pemimpin agama monoteistik dan dia memberikan penghargaan OBE kepada warga negara Saudi Mohammed Abdul Latif Jamil, yang mengkurasi pameran Seni Islam di Museum Victoria dan Albert di London.

Begitu antusiasnya terhadap Timur Tengah, sehingga Charles mengatakan kepada teman-temannya di kalangan keluarga kerajaan Teluk bahwa sebagian dari pengalaman hidupnya yang paling mendalam telah dihabiskannya di padang pasir Hijaz tempat para nabi pernah menjelajah.

Penobatan Raja Charles telah dihadiri oleh kepala negara nasional dan internasional, keluarga kerajaan, dan perwakilan mereka dari seluruh dunia termasuk Arab Saudi, Yordania, dan Kuwait.

Menggemakan hubungan mendiang ibunya Ratu Elizabeth dengan Timur Tengah, Raja Charles diharapkan untuk melanjutkan ikatan erat selama masa pemerintahannya, yang membuatnya terkenal.

Misalnya, dia menganggap almarhum Raja Abdullah dari Arab Saudi sebagai teman pribadi, dan setelah kematiannya pada Januari 2015, Charles terbang ke Riyadh untuk menyampaikan belasungkawa secara langsung kepada penggantinya, Raja Salman, dan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada temannya.

Charles terakhir mengunjungi wilayah itu bersama istrinya, Permaisuri Camilla, pada November 2021 di mana dia pergi ke Mesir dan Yordania untuk berdiskusi dan memperkuat dialog antaragama.

Di Yordania, dia juga mengunjungi pengungsi Suriah dan Palestina yang paling bergantung pada sumbangan Saudi dan Inggris.

Secara total, Charles telah melakukan 12 kunjungan resmi ke Arab Saudi, tujuh ke UEA dan Kuwait, enam ke Qatar, dan lima ke Yordania.

Kekaguman dan kecintaannya pada Timur Tengah bahkan tercermin dalam lukisan cat airnya di mana ia sering mengambil inspirasi dari Wadi Arkam dan Diriyah di Arab Saudi serta Aqaba di Yordania.

Pangeran Wales saat itu, mendirikan banyak yayasan amal di Timur Tengah, terutama The Prince’s Foundation, yang didedikasikan untuk “mewujudkan visi Pangeran Wales dalam menciptakan komunitas untuk dunia yang lebih berkelanjutan.”

Yayasan ini berfokus pada pendidikan, apresiasi warisan, dan menciptakan kesempatan yang sama bagi kaum muda di Inggris dan luar negeri. Ini menjalankan program satelit di lebih dari 20 negara, termasuk Arab Saudi dan Mesir di mana pusat-pusatnya telah dibangun.

Di kota tua Jeddah, Al-Balad, telah didirikan pusat seni dan kerajinan, yang memungkinkan siswa berpartisipasi dalam proyek restorasi Kementerian Kebudayaan di sana.

Raja Charles, meskipun tidak memiliki kekuasaan eksekutif, menyandang gelar pembela iman dan gubernur tertinggi Gereja Inggris. Bagi banyak orang, minat dan pandangannya yang hangat tentang Islam adalah tanda harapan.

Setelah serangan 9/11 di AS, Charles, yang lama membenamkan dirinya dalam Islam, mempelajari tekstil, taman, dan arsitektur agama, menggandakan pandangannya yang menentang Islamofobia.

Mengutip Al-Qur’an selama kunjungannya ke Pakistan pada tahun 2006, dia berkata: “Hanya mereka yang memiliki hati yang memperhatikan; hanya mereka yang percaya atau melihat tanda-tanda yang memiliki hati.”

Charles, yang juga menjabat sebagai pelindung Pusat Studi Islam Oxford, belajar bahasa Arab selama enam bulan sebelum tur Teluknya pada tahun 2016.

Pada tahun 2020, dia mengunjungi wilayah Palestina untuk pertama kalinya dan mendoakan “kebebasan, keadilan, dan kesetaraan” bagi warga Palestina sambil berulang kali mendesak pemerintah Inggris untuk berbuat lebih banyak untuk memperbaiki kondisi dan standar hidup warga Palestina.

Sementara naik takhta berarti dia tidak lagi dapat mengekspresikan pandangannya dengan bebas, dia telah membuat pendapatnya tentang Timur Tengah dan Islam menjadi jelas.

Dengan lebih dari 3 juta Muslim di Inggris Raya, Islam adalah agama terbesar kedua di negara ini, dan pandangan rajanya yang baru tentang Islam sudah sangat dikenal.

Menyusul berita kematian Ratu Elizabeth pada 8 September, doa dan khotbah diadakan di seluruh negeri untuk menghormatinya. Khotbah Jumat diadakan di Masjid Pusat Cambridge di mana cendekiawan Islam Abdul Hakim Murad mengulangi dan membacakan beberapa baris dari salah satu pidato Charles.

Dia berkata: “Apakah kita monarki atau bukan monarki, atau peduli tentang ini atau tidak, tidak masalah bahwa di saat meningkatnya Islamofobia, ada beberapa orang yang ingin berdiri bersama kita.”

Pada tahun 2006, di Al-Azhar Mesir, universitas terkemuka untuk pengajaran Islam, Pangeran Wales saat itu berkata: “Kami di Barat berhutang kepada para sarjana Islam, karena berkat mereka selama Abad Kegelapan di Eropa bendahara pembelajaran klasik tetap hidup”.

Pada tahun 2010, dalam pidatonya di Universitas Oxford, Charles berkata: “Dunia Islam adalah penjaga salah satu harta terbesar dari akumulasi kebijaksanaan dan pengetahuan spiritual yang tersedia bagi umat manusia.”

Pada saat Islamofobia dan xenofobia sedang meningkat di seluruh Barat, monarki Inggris yang baru memberdayakan komunitas Muslim, pendiriannya tak tertandingi oleh tokoh politik Barat lainnya.

Charles adalah salah satu dari segelintir orang yang secara terbuka menentang larangan burqa di Eropa dan mengutuk kartun Denmark yang menghina Nabi Muhammad.

Jurnalis: Agung Nugroho