Karnaval Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2023. Karnaval ini berlangsung di Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya, Rabu (24/5/2023). Dok: Hum

PALANGKARAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo membuka secara resmi kegiatan Karnaval Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2023. Karnaval ini berlangsung di Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya, Rabu (24/5/2023).

Sebagai informasi, karnaval budaya ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian perlombaan pada Festival Budaya Isen Mulang sekaligus memperingati Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah.

Edy Pratowo menyampaikan turut mengapresiasi kegiatan karnaval budaya tersebut sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi untuk melestarikan budaya, memperkokoh ketahanan budaya, dan semangat nasionalisme.

“Karnaval budaya merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati oleh semua kalangan masyarakat Kalimantan Tengah. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut dalam kegiatan karnaval budaya ini,” kata Edy

Dia menambahkan momentum Karnaval Budaya ini bukan hanya sekedar menjadi hiburan dan tontonan saja, tetapi juga tuntunan untuk mengedukasi masyarakat Kalimantan Tengah agar lebih peduli, bangga, dan mencintai kebudayaan yang telah diwariskan nenek moyang.

“Mari kita bersama-sama terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, tradisi, dan keunikan budaya yang ada di Kalimantan Tengah tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, bahasa, dan perbedaan-perbedaan lainnya,” ucap dia.

Dia juga meminta agar nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam tradisi dan budaya Kalimantan Tengah, menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang, sebagai modal dasar dan pegangan untuk membangun Kalteng Makin Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran secara simbolis mengibarkan bendera start sebagai tanda Karnaval Budaya dimulai.

Sebagai informasi, sebanyak 81 peserta yang mengikuti perlombaan Karnaval Budaya FBIM tahun 2023. Perserta tersebut terbagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori umum sebanyak 21 peserta, Perangkat Daerah 46 peserta, dan 14 peserta dari Instansi Vertikal.

Jurnalis: AF