Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023). Dok: Setkab

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023). Dalam acara itu, Jokowi tampak menggunakan pakaian adat Kesultanan Deli.

Jokowi yang menjadi inspektur upacara nampak memakai basecap berwarna hitam dengan corak batik berwarna emas serta sarung dan penutup kepala berwarna senada.

)Dalam pidatonya, Jokowi mengajak rakyat Indonesia menolak politisasi identitas dan agama. Jokowi ingin seluruh rakyat menyambut Pemilu 2024 dengan kedewasaan hingga suka cita.

“Saudara-saudara sebangsa, se-Tanah Air. Toleransi, persatuan, dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh,” kata Jokowi dalam pidatonya di sisi Selatan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

“Oleh sebab itu, saya mengajak kita semuanya untuk menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama,” imbuh Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia menyambut Pemilu 2024 dengan dewasa hingga suka cita. Jokowi juga mengingatkan tak melupakan nilai-nilai Pancasila menyambut Pemilu 2024.

“Mari kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasan, dengan sukacita, dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila. Memperjuangkan Indonesia yang adil, yang sejahtera, serta berwibawa di kancah Indonesia,” ujar Jokowi.

“Selamat Hari Lahir Pancasila, salam Pancasila, merdeka!” pekik Jokowi.

Jurnalis: Dewo