JAKARTA – Libur long weekend ini mengisi waktu menonton drakor atau drama Korea dapat menjadi solusi. Drama Korea terbaru yang tayang Juni 2023 didominasi oleh para idol. Member sejumlah girl group dan boy group Kpop kembali ke layar kaca, seperti Yeri Red Velvet, YoonA Girls’ Generation hingga Junho dan Taecyeon 2PM.

Yeri Red Velvet kembali menjadi pemeran utama dalam drama, kini bertajuk Bitch x Rich atau Cheongdam International High School. Dalam drama itu, ia terlibat dalam kasus pembunuhan dan pembalasan dendam.

Selain itu, ada juga King the Land yang mempertemukan dua idol Kpop generasi dua, yakni YoonA SNSD dan Junho 2PM. Drama ini jadi proyek pertama mereka usai tampil bareng menyanyikan Senorita di acara MBC Gayo Daejejeon 2021.

Sementara itu, See You In My 19th Life juga tayang Juni 2023. Drama Korea hasil adaptasi webtun tersebut menceritakan upaya Ban Ji-eum (Shin Hye-sun) bertemu Moon Seo-ha (Ahn Bo-hyun) saat menjalani kehidupan ke-19nya.
Berikut rekomendasi 7 drama Korea terbaru tayang Juni 2023.

1. Bitch x Rich

Bitch x Rich menceritakan Kim Hye-in (Lee Eun-saem) murid SMA yang berasal dari keluarga miskin. Pada suatu hari, ia menjadi saksi mata kasus pembunuhan yang melibatkan siswi SMA.

Hal tersebut membuat Kim Hye-in dipindahkan ke sekolah bergengsi, Cheongdam International High School. Di sekolah itu, semua murid dibagi menjadi beberapa kelas. Posisi tertinggi dipegang oleh Baek Je-na (Yeri Red Velvet).

Di sisi lain, Je-na merupakan salah satu terduga utama pelaku pembunuhan yang disaksikan Kim Hye-in. Sehingga, Hye-in pun masih mendapatkan tekanan dan gangguan dari Baek Je-na di sekolah baru. Bitch x Rich atau Cheongdam International High School tayang 31 Mei di tvN Asia serta Viu.

2. Bloodhounds

Bloodhounds menceritakan perjalanan petinju pemula yang terjebak dalam dunia rentenir. Sesama petinju pemula mendampinginya melawan ketidakadilan dan menghadapi para lintah darat kejam yang siap beraksi di mana saja.

Gun-Woo (Woo Do-hwan) dan Woo-jin (Lee Sang-yi) cukup percaya diri akan kemampuan bela diri mereka. Hal itu membuat mereka berani melawan rentenir bereputasi kejam bernama Myeong-gil (Park Sung-woong).

Myeong-gil merupakan rentenir yang selama ini dikenal kebal hukum bersama Presiden Choi (Huh Joon-ho), seorang mantan rentenir legendaris. Bloodhounds tayang 9 Juni di Netflix.

3. King the Land

King The Land mengisahkan Guwon (Junho 2PM) pria dari keluarga konglomerat atau chaebol. Keluarganya merupakan pemilik perusahaan besar bernama King Group.

Gu Won dikenal sebagai pemuda cerdas, berwibawa, tapi tidak pandai berkencan, serta tidak suka melihat senyuman palsu dari orang di sekitarnya. Suatu hari, ia terlibat konflik keluarga yang memperebutkan warisan King Group.

Cheon Sa-rang (YoonA SNSD) adalah salah satu karyawan di King Hotel. Ia dikenal sebagai pribadi yang ceria dan murah senyum. Dia bekerja di hotel tersebut karena memiliki kenangan indah sewaktu masih kecil.

Selama bekerja di hotel, dia menghadapi berbagai kesulitan yang membuatnya tumbuh sebagai wanita dewasa. Hingga suatu hari, ia bertemu Gu Won. Sejak pertemuan itu, hubungan merkea berkembang menjadi kisah cinta romantis. King the Land tayang 17 Juni di Netflix.

4. See You in My 19th Life

See You in My 19th Life menceritakan kehidupan seseorang yang terus terlahir kembali tapi selalu mengingat kenangan di kehidupan sebelumnya.
Dalam kehidupan ke-18, orang itu terlahir sebagai Yoon Joo-won (Kim Ji-a), perempuan 12 tahun dari keluarga kaya raya. Ia diminta sering bermain bersama Moon Seo-ha (Jeong Hyun-jun) anak 9 tahun yang berkarakter keras.

Sejak masih kecil Yoon Joo-won dikenal berlaku jauh lebih dewasa daripada usianya. Namun, saat bersama Moon Seo-ha, Joo-won bisa merasakan kembali kebahagiaan dan bersenang-senang seperti anak-anak seusianya.

Di tengah kebahagiaan itu, terjadi kecelakaan yang membuat Joo-won terpisah dari Moon Seo-ha. Untuk pertama kalinya, Joo-won berdoa supaya bisa mengingat semua waktu yang dihabiskan bersama Seo-ha.

Joo-won kemudian terlahir kembali. Namun, ia kini lahir sebagai Ban Ji-eum (Shin Hye-sun), perempuan dari keluarga miskin. Demi bertemu Seo-ha (Ahn Bo-hyun), Ji-eum bekerja keras termasuk menjadi karyawan di perusahaan keluarga Seo-ha.

Namun, Ji-eum tak menyadari kejadian di masa lampau membuat Seo-ha berubah dan berada dalam trauma yang begitu dalam. See You in My 19th Life tayang 17 Juni di Netflix.

5. Revenant

Revenant menceritakan Gu San-yeong (Kim Tae-ri), perempuan kurang beruntung yang hidupnya semakin terpuruk setelah kematian misterius sang ayah.

Ia pun belakangan merasa aneh karena kemalangan terus menimpa hidupnya. Sehingga, Sanyeong berusaha mencari tahu kebenaran di balik nasibnya yang terkutuk dan terungkap setelah bertemu dengan Yeom Hae-sang (Oh Jung-se).

Yeom Hae-sang merupakan seorang pria dengan kemampuan melihat iblis yang dapat menguasai hidup manusia. Keduanya bekerja sama untuk menemukan pintu kejahatan dan mematahkan kutukan yang telah menghancurkan keluarga mereka. Revenant tayang 23 Juni di Disney+ Hotstar.

6. Numbers

Numbers menceritakan Jang Ho-woo (L Infinite/ Kim Myung-soo) yang bekerja sebagai akuntan di Kantor Akuntan Taeil, satu dari empat perusahaan akuntan terbesar di Korea Selatan.

Di sana, Ho-woo menjadi satu-satunya karyawan yang lulusan SMA. Namun, ia sangat cerdas dan mampu menghadapi absuditas di kantor akuntan, termasuk memperjuangkan keadilan.

Di kantor yang sama, ada pula Han Seung-jo (Choi Jin-hyuk) yang memliki latar belakang sempurna. Ayahnya pun bekerja sebagai wakil presiden Kantor Akuntan Taeil.

Keduanya bersinggungan saat Ho-woo berencana mengungkap jaringan korupsi dan ketidakadilan sistematis dengan membongkar hingga ke akar permasalahan di kantor akuntan paling bergengsi di negara itu. Numbers tayang 23 Juni di Viu.

7. HeartBeat

HeartBeat menceritakan Seon U-hyeol (Taecyeon 2PM), vampir yang bertekad jadi manusia seutuhnya. Namun, ia melewatkan kesempatan yang datang hanya sekali dalam 100 tahun.
Suatu ketika U-hyeol bertemu Joo In-hae (Won Ji-an), perawat berhati dingin seperti vampir.

In-hae terbiasa mengurus dirinya sendiri sejak usia dini sehingga tumbuh sebuah mekanisme pertahanan membuatnya jadi keras.

Di sisi lain, In-hae juga memiliki usaha penyewaan rumah yang membuatnya bertemu U-hyeol. Pertemuan itu membuat In-hae banyak terlibat dalam kehidupan Woo-hyeol karena mereka harus tinggal bersama.

Hubungan mereka juga berkembang seiring dengan keadaan tersebut. In-hae yang semula bersikap dingin kepada orang lain, secara perlahan melunak sejak berkenalan dengan Woo-hyeol. HeartBeat tayang 26 Juni di Prime Video.

Jurnalis: Agung Nugroho