Pemudik padati Stasiun Senen, Jakarta. Dok: Kemenhub

SURABAYA – Sebanyak 85.919 penumpang melakukan perjalanan keberangkatan dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya selama masa libur panjang ini, 31 mei – 4 Juni 2023.

Diungkapkan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif jika okupansi penumpang di Daop 8 Surabaya meningkat 30% dibanding pada periode yang sama sepekan kemarin. Dari jumlah ini sebanyak 28.426 penumpang naik dari Surabaya Gubeng, 24.427 penumpang dari Surabaya Pasarturi, dan 15.481 penumpang dari Malang.

“Selebihnya merupakan keberangkatan dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, seperti Mojokerto, Lamongan, Bangil, Sidoarjo, Bojonegoro dan sebagainya,” kata Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Minggu (4/6/2023).

Pada periode 31 Mei – 4 Juni 2023, KAI Daop 8 Surabaya menjalankan sebanyak 46 KA jarak jauh. Tujuan favorit pelanggan didominasi oleh KA Sritanjung relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Lempuyangan, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir, KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong Bandung, dan KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng – Ketapang.

Sedangkan sebanyak 15.871 penumpang melakukan keberangkatan dari wilayah KAI Daop 8 Surabaya pada hari Minggu 4 Juni 2023, diantaranya 4.112 penumpang dari Stasiun Surabaya Gubeng, 5.089 penumpang dari Stasiun Surabaya Pasarturi, dan 2.891 penumpang dari Stasiun Malang, dan lainnya naik dari stasiun keberangkatan wilayah Daop 8 Surabaya.

Luqman Arif menambahkan, volume jumlah penumpang ini masih terus berubah karena pemesanan tiket masih berlangsung. Selain itu, para penumpang dapat membeli tiket Go Show di stasiun 3 jam sebelum keberangkatan dan tarif khusus 2 jam sebelum keberangkatan selama persediaan masih ada.

“Para pelanggan supaya memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tercetak di tiket, agar tidak tertinggal kereta api, di Stasiun keberangkatan” pungkas Luqman Arif.

Jurnalis: Dewo