Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Negara Urusan Pertahanan Qatar, Khalid bin Muhammad Al-Attiyah di lapangan Bhinneka Tunggal Ika Kemhan, Jakarta, Minggu (4/6/2023). Dok: Kemhan

JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Negara Urusan Pertahanan Qatar, Khalid bin Muhammad Al-Attiyah di lapangan Bhinneka Tunggal Ika Kemhan, Jakarta, Minggu (4/6/2023).

Pertemuan di akhir pekan ini diawali penyambutan dengan jajar kehormatan. Menhan Prabowo sehari sebelumnya berada di Singapura untuk menghadiri IISS Shangri-La Dialogue dan bertemu beberapa petinggi negara lainnya.

“Terima kasih kepada Menteri Pertahanan Qatar dan seluruh delegasi atas diskusi produktif yang kita lakukan hari ini. Wawasan dan kontribusi yang telah diberikan sangat berharga untuk memperkuat kerja sama pertahanan Indonesia dan Qatar,” kata Menhan Prabowo.

Dalam kesempatan tersebut Menhan Prabowo juga mengapresiasi kerja sama pendidikan yang diberikan Qatar kepada RI untuk mengirim perwira Tanah Air berpartisipasi dalam Sekolah Staf dan Komando Gabungan.

“Kesempatan ini adalah pertukaran pengetahuan dan peningkatan pemahaman lebih tentang praktik dan strategi pertahanan yang digunakan di negara lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Menhan Prabowo juga memuji kemampuan Qatar dalam mengatasi krisis kemanusiaan dan meningkatkan stabilitas regional.

“Pengalaman dan sumber daya Qatar dalam memberikan bantuan dan memfasilitasi proses perdamaian terbukti berharga dalam memperkuat upaya kolektif bersama,” kata Menhan Prabowo.

Di akhir pertemuan, Menhan Prabowo dan Menhan Qatar saling bertukar cinderamata. Menhan Prabowo pada kesempatan itu memberikan senapan serbu buatan PT Pindad SS2-V5 A1.

Jurnalis: Bambang Santoko