Foto: ilustrasi

JAKARTA – Pemerintah secara resmi mengumumkan temuan varian Omicron di Indonesia. Kasus pertama Omicron ditemukan setelah satu dari tiga orang petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, varian Omicron dikatakan sangat mudah menular dan menjadi perhatian utama para pejabat kesehatan di seluruh dunia.

WHO mengingatkan bahwa varian terbaru dari SARS-CoV-2 dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Mereka yang telah tertular virus lebih awal atau telah divaksinasi lengkap tetap berisiko tertular. Namun, badan kesehatan global mengatakan bahwa gejalanya akan lebih ringan dibandingkan dengan varian Delta.

“Data keparahan klinis Omicron masih terbatas. Sementara temuan awal dari Afrika Selatan menunjukkan itu mungkin kurang parah daripada Delta, dan semua kasus yang dilaporkan di UE/EEA sampai saat ini ringan atau tanpa gejala, masih belum jelas sejauh mana Omicron mungkin secara inheren kurang ganas. Lebih banyak data diperlukan untuk memahami profil keparahan,” menurut keterangan WHO, seperti dilansir dari laman Times of India.

Sejak dimulainya Omicron sampai sekarang, tidak ada laporan penyakit parah yang muncul ke permukaan. Sebaliknya, Dr Angelique Coetzee, Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, yang juga merupakan orang pertama yang menemukan varian Omicron, awalnya mengatakan bahwa penyakit itu ‘ringan’ dan mereka yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda-tanda keparahan.

Salah satu tanda-tanda varian Omicron adalah nyeri tubuh. Menurut dokter umum Dr Unben Pillay, Departemen Kesehatan Afrika Selatan, keringat malam bisa menjadi gejala varian Omicron baru yang mungkin muncul di malam hari. Namun, dokter menyoroti bahwa itu bisa datang dengan banyak rasa sakit di tubuh.

Rasa sakit di tubuh adalah tanda infeksi. Ini adalah tanda peradangan yang dipicu oleh sistem kekebalan Anda, saat melawan patogen asing. Meskipun infeksi dari jenis sebelumnya dapat menyebabkan nyeri tubuh, itu tidak biasa seperti demam atau batuk terus-menerus.

Gejala Covid-19 yang paling jelas sejauh ini adalah hilangnya atau berubahnya penciuman atau rasa. Dua perubahan sensorik ini mengkonfirmasi infeksi virus corona. Namun, menurut Dr Coetzee, gejala khusus ini kurang umum pada orang yang terinfeksi Omicron. Selain itu, mereka yang mengalami suhu tubuh tinggi, dapat diobati sendiri seiring waktu. Juga, tidak ada kasus hidung tersumbat, pada mereka yang terkena strain baru.

Sementara itu, demam ringan, ‘banyak sakit tubuh’, kelelahan, ‘gatal-gatal’ daripada sakit tenggorokan dan keringat malam adalah beberapa gejala umum dari varian Omicron. Selain itu, Covid-19 pada umumnya menyerang sistem pernapasan, baik bagian atas maupun bawah, serta infeksi yang parah dapat menyebabkan batuk kering terus-menerus, sesak napas, nyeri dada, dan kadar oksigen darah rendah, yang mungkin memerlukan penanganan segera.

Masih banyak spekulasi tenang varian Omicron. Sementara para ahli mengatakan bahwa varian baru menyebabkan infeksi ringan, laporan baru menunjukkan sebaliknya. Sebab itu, Anda harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial, serta mendapat suntikan vaksin Covid-19 demi mencegah terinfeksi varian baru ini.