Sejumlah Menteri terlihat hadir di prosesi siraman Kaesang Pangarep di Solo, Jawa Tengah. Dok: ist

SOLO- Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi melakukan siraman menjelang pernikahannya di kediaman Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).

Acara berlangsung secara tertutup dengan dihadiri segenap keluarga Presiden, sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, dan tamu unda

Prosesi siraman Kaesang Pangarep menggunakan air dari tujuh sumber mata air.

Air yang dibawakan oleh kakak tertua Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka, berasal dari beberapa lokasi.

Setelah dibawa Gibran, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi mencampurkan dan menyatukan air tersebut.

Tujuh air itu, berasal dari Keraton Kasunanan Kota Solo, Pura Mangkunegaran, Masjid Agung Solo, dan Umbul Pengging Boyolali.

Kemudian tiga sumber air lainnya berasal dari Istana Merdeka Jakarta, Istana Bogor, dan Kediaman Sumber, Solo.

“Ada persiapan, kalau tidak dipersiapkan ya bagaimana. Semua aman, Insya Allah semua aman,” kata Kaesang Pangarep sesuai melakukan wilujengan pada Rabu (7/11/2022) siang.

Sebelumnya, prosesi acara siraman dimulai dengan melengkapi tuwuhan (Pisang dikanan dan kiri pintu masuk rumah ) dan pasang bleketepe (daun kelapa yang dianyam) oleh Presiden Joko Widodo.

Tampak Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana ditemani Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution. Terlihat mereka kompak dengan balutan beskap dan batik nuansa warna pink dan coklat.

Adapun sesepuh yang melakukan siraman kepada calon mempelai pria di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudirini, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto masing-masing beserta istri atau suami.

Jurnalis: Agung Nugroho