putra bungsunya  Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. Dok: ist

SOLO –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai prosesi ngunduh mantu dari pernikahan putra bungsunya  Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. Acara ini dimulai seiring dengan kedatangan pengantin bersama keluarga mempelai wanita di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022).

Dalam prosesi ini, keluarga Erina menyerahkan pasangan pengantin kepada keluarga Kaesang.

Pasangan pengantin itu kemudian diterima oleh orang tua Kaesang, Presiden RI Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo. Acara kemudian berlanjut dengan prosesi gepyokan sebagai simbol doa dan harapan agar acara berjalan lancar.

Jokowi dan Iriana memakaikan kain sindur kepada pasangan pengantin, kemudian mengantar mereka menuju pelaminan yang berada di halaman Loji Gandrung.

Ngunduh mantu dilanjutkan dengan prosesi pangabekten atau sungkeman, dimulai dari Kaesang dan Erina bersimpuh di hadapan Jokowi dan Iriana. Mereka bergiliran mengucapkan terima kasih sekaligus memohon doa restu kepada orang tua.

Kedua mempelai kemudian bergeser menuju Sofiatun Gudono dan Allen Adam Rinaldy Gudono, ibu dan kakak sulung Erina, sebagai orang tua dan wali mempelai wanita.

Acara berlanjut dengan tumplak punjen, yang diawali dengan ucapan terima kasih oleh Gibran, Kahiyang, serta Kaesang kepada Joko Widodo dan Iriana Jokowi selaku orang tua.

Dalam prosesi ini, Gibran sebagai putra sulung mewakili adik-adiknya mengucapkan terima kasih kepada orang tua mereka. Sang ayah, Jokowi, kemudian membalas dengan menyampaikan terima kasih serta memberi sejumlah wejangan untuk anak, mantu, dan cucunya.

Prosesi ini sekaligus menjadi penanda bahwa Jokowi dan Iriana telah menunaikan salah satu tugas utama sebagai orang tua, yakni membesarkan ketiga anaknya hingga akhirnya menikah.

Prosesi dilanjutkan dengan Jokowi dan Iriana menyebar udik-udik berupa beras dan uang. Udik-udik itu kemudian diambil oleh anak, mantu, serta cucu Jokowi dan Iriana.

Ngunduh mantu diakhiri dengan begalan, yakni keluarga pengantin membagikan perlengkapan rumah tangga untuk warga. Masyarakat Solo pun berebut mengambil berbagai alat rumah tangga yang diletakkan di depan area Loji Gandrung.

Rombongan pengantin selanjutnya melakukan kirab budaya dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Setidaknya terdapat 11 kereta kencana utama yang disiapkan untuk arak-arakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Jurnalis: Agung Nugroho